HEADLINE

Awasi Pengelolaan Dana Desa, Pemda Malaka Teken MoU dengan Kejari dan Polres Belu

Sosialisasi dana desa di Malaka.

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Malaka, menandatangani Kerja sama dibidang Pemeriksaan Dana Desa dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) dan Polres Belu, Selasa (24/4/2018) di Aula Kantor Bupati Malaka.

Penandatanganan dilakukan bersamaan dengan kegiatan sosialisasi Dana Desa (DD) tahun 2018, bersama Kajari Belu dan Kapolres Belu.

Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran MPH dalam sambutannya mengatakan, penandatanganan kerja sama ini dilakukan agar Dana Desa dalam pengelolaannya harus sesuai dengan prosuder yang ada, serta mendapat pengawasan dari aparat penegak hukum yakni kejaksaan dan kepolisian.

Lanjut Bupati Stef, apabila ada kelalaian dalam administrasi maka ada inspektorat yang bertugas untuk melakukan pemeriksaan administrasi dan bukti fisik.

“Kemudian dalam pemeriksaan tersebut ternyata ada temuan dalam hal kerugian keuangan negara, maka itu menjadi kewenangan pihak kejaksaan dan kepolisian untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ungkapnya.

Untuk itu, Bupati Stef meminta kepada seluruh kepala desa di Kabupaten Malaka, supaya menggunakan Dana Desa harus sesuai dengan Prosedur yang benar.

“Kepala Desa harus menguasi Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku. Kepala Desa tidak boleh merangkap sebagai Bendahara,” tegasnya.

Kalau Dana Desa benar-benar digunakan sesuai dengan prosedurnya, maka akan meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat desa.

Ia berharap para kepala desa harus berkordinasi dengan para Kapolsek tidak bermasalah, dan Dana Desa dalam pengelolaannya harus menyentuh kebutuhan masyarakat di desa demi perubahan hidup yang signifikan. (adhi teiseran)

Komentar
Click to comment

Most Popular

To Top