HEADLINE

Kejari Belu Mulai Periksa Dugaan Penyimpangan Dana Desa Baudaok

Rivo Madelu

ATAMBUA, Kilastimor.com-Kejaksaan Negeri (Kejari) Atambua mulai memeriksa perangkat Desa Baodaok, Kecamatan Lasiolat, Kabupaten Belu di Kejaksaan Negeri Atambua, Senin (9/4/2018).

Penyidikan tersebut terkait dugaan kasus penyimpagan Dana Desa Tahun Anggaran 2015 sampai 2017.

Mereka yang diperiksa yakni Kades Baudaok, Bendahara, Sekretaris, Tim Pengelola Kegiatan (TPK) dan Kaur Pemerintah Desa Baudaok.

Kajari Belu, Rivo Medelu, malalui Kepala Seksi (Kasi) Tindak Pidana Khusus, Kejaksaan Negeri Belu, Dany Agusta Salmon mengatakan penyelidikan ini terkait dengan klarifikasi yang dilaksanakan oleh Tim Inspektorat yang ditunjuk untuk melakukan perhitungan kelebihan keuangan negara di Desa Baudaok Tahun Anggaran 2015 sampai dengan 2017.

“Ada dugaan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan Dana Desa. Ada kegiatan yang seharusnya dilaksanakan oleh TPK atau panitia pelaksana, tetapi umumnya dilaksanakan oleh Kepala Desa,” paparnya.

Dany menjelaskan, dalam tahap penyelidikan, Tim Penyidik Kejaksaan Negeri Belu meminta bantuan Inspektorat Kabupaten Belu untuk melakukan perhitungan kerugian keuangan negara atas indikasi perbuatan yang memenuhi unsur tindak pidana dari hasil penyelidikan yang ditemukan oleh Jaksa Penyidik.

Tujuannya untuk melihat sejauh mana kebenaran temuan yang bisa dipertanggungjawabkan oleh Kepala Desa dan Perangkat Desa dalam pengelolaan keuangan Dana Desa Baudaok.

“Pihak tim Inspektorat yang ditunjuk itu menemukan ada kekurangan dalam SPJ Pertanggungjawaban beserta alat bukti lainnya yang diperoleh dari Pemerintah Desa Baudaok. Atas temuan inilah, kami menyidik kepala desa, apakah benar temuannya atau memang ada pertanggungjawaban yang belum disampaikan,” jelasnya.

Kasi Tindak Pidana Khusus, Dany menuturkan, setelah penyelidikan ini, masyarakat akan mengetahui siapa yang harus bertanggungjawab atas kasus penyelewengan Dana Desa Baudaok. “Kita tunggu saja,” ujarnya. (richi anyan)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top