HEADLINE

Tak Kantongi e-KTP, 18.878 Warga Malaka Terancam Hak Pilihnya

Jhonatas Seran Suri

BETUN, Kilastimor.com-Sebayak 18.878 warga malaka yang terdaftar sebagai DPT, terancam tidak memiliki hak suara pada Pilgub NTT 2018.

Pasalnya, Peraturan KPU No. 8 tahun 2018, tentang pemungutan dan penghitungan suara di pilkada, mewajibkan setiap warga yang hendak melakukan pencoblosan harus menunjukan e-KTP, atau surat keterangan kependudukan, selain surat undangan pencoblosan.

Menanggapi hal ini, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) kabupaten Malaka, Jhonatas Seran Suri saat dikonfirmasi oleh awak media mengatakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Malaka harus segera melakukan koordinasi dengan Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Malaka, serta berkoordinasi berjenjang ke tingkat atas, sehingga 18.878 warga Malaka, dapat mengunakan hak pilihnya pada Pilgub NTT, 27 Juni mendatang.

Jhon menilai, masih ditemukan hal-hal demikian dikarenakan kurang adanya sosialisi yang intensif oleh KPU, kepada sejumlah warga dan instansi terkait.

Untuk di ketahui komisi pemilihan umum kabupaten malaka, telah menetapkan sebanyak 119.442 warga Malaka terdaftar di DPT pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT. (pisto bere)

Komentar
Click to comment

Most Popular

To Top