HEADLINE

Terkait Penggalian Ruas Jalan, Kadis PU Belu akan Lapor Telkom ke Polres Belu

Vincent Laka

ATAMBUA, Kilastimor.com-Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Belu, Vincent Laka memberi somasi kepada PT. Telkom Indonesia Tbk dan kontraktor yang menangani pekerjaaan penggalian ruas jalan untuk penempatan kabel fiber optik di lokasi ruas jalan kabupaten Belu.
Hal ini diungkapkan Vincent Laka ketika ditemui awak media di ruang kerjanya, Kamis (12/4/2018).

Vincent mengancam akan melapor pemimpin dua lembaga itu ke Polres Belu, bila para pejabat kedua lembaga itu tidak segera menghadap ke kantornya dalam rentang waktu 3×24 jam terhitung.

“Kami beri waktu 3×24 jam kepada Telkom dan kontraktor pelaksananya untuk datang menghadap terkait penggalian ruas jalan kabupaten Belu untuk pembangunan kabel fiber optik Telkom yang dilaksanakan tanpa ijin dari kami sebagai intansi pemerintah kabupaten yang berwewenang,” tegasnya.

Vincent memberikan somasi tersebut lantaran penggalian di bahu jalan milik pemerintah Kabupaten Belu yang sedang dilakukan kontraktor pelaksanaan tanpa ijin dari Dinas PU Belu.

“Kalau mereka tidak dalam tempo 3 hari ini maka kami akan ambil langkah hukum dengan melapor kasus ini ke Polres Belu,” tutur Kadis PU dengan nada meninggi.

Menurut Vincent, kedua pejabat tersebut penting untuk bertemu dengan dirinya guna menjelaskan terkait kegiatan penggalian ruas jalan di Kabupaten Belu yang mendahului ijin dari Dinas PU Kabupaten Belu.

Dikatakan bahwa sudah ada surat permohonan yang masuk ke Dinas PU Kabupaten Belu dari pihak Telkom. Hanya saja, Dinas PU masih menghitung besaran jaminan bank yang harus diberikan oleh pihak Telkom sebagai jaminan setelah ruas jalan tersebut digali. Selain itu, pihak PU Kabupaten Belu juga membutuhkan dokumentasi kondisi sebelum dan sesudah jalan tersebut digali.

“Karena alasan ini, makanya kami belum berani keluarkan surar ijin, tapi mengapa mereka sudah action lapangan sebelum ada surat ijin dari kami. Ini yang perlu mereka menghadap ini membicarakan masalahnya,” jelas Vincent.

Dibeberkan, ruas jalan yang sudah dirusak oleh kontraktor pelaksana antara lain ruasjalan Tanahmerah-Gedung Romeo Teater dan ruas jalan depan kampus Akper Atambua. Ruas jalan tersebut masuk dalam lokasi permohonan Telkom yaitu Jln. Ahmad Yani, Jln. Basuki Rahmat, Jln. Seroja, Jln. proklamasi kemerdekaan.

“Sesuai hasil perhitungan kami besaran jaminan bank untuk perbaikan ruas jalan selanjang 1500 meter yang mereka akan gali sebesar kurang lebih Rp 123 juta Rupiah,” jelasnya. (richi anyan)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top