HEADLINE

1.975 Peserta Ikut SBMPTN di Unimor. Hanya 40 Peserta Ikut UTBK

Peserta SBMPTN Unimor sedang mengerjakan soal ujian.

KEFAMENANU, Kilastimor.com-Universitas Negeri Timor (Unimor) menggelar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Selasa, (8/5/2018).
Tercatat 1.975 peserta mengikuti ujian seleksi tersebut.

Ketua Panitia SBMPTN Unimor, Dr. Ir. Arnoldus Klau Berek menjelaskan, jumlah peserta tahun ini lebih banyak dibandingkan dengan peserta yang mendaftar tahun lalu.

Peningkatan ini terjadi, karena semakin tingginya minat lulusan SMA dan SMK untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi.

Pelaksanaan SBMPTN dilakukan dengan dua kategori. Yakni kategori ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) dan ujian tertulis berbasis cetak atau (UTBC).

Pemilihan kategori tersebut disesuaikan dengan kesiapan pelaksana ujian. Mengingat untuk ujian menggunakan komputer diperlukan fasilitas yang memadai. Saat ini hanya ada dua ruangan saja untuk UTBK. Total pesertanya sebanyak 40 orang.

Untuk mendukung SBMPTN, katanya, sejumlah fasilitas SMA dan SMK digunakan, diantaranya SMK 1 Kefamenanu, SMAK Wharta Bakti, SMAN 1 Kefamenanu dan SMEA Kefamenanu.

“Untuk peserta yang mengikuti UTBC sebanyak 1.935 peserta, sedangkan yang mengikuti UTBK sebanyak 40 peserta,” ujar Arnoldus saat ditemui Kilastimor.com di ruang kerjanya, Senin (8/5).

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unimor, Prof. Dr. Sirilius Seran menambahkan dalam proses Ujian SBMPTN pihak unimor bekerjasama dengan Universitas Nusa Cendana (Undana) melalui panitia pelaksana yang dinamakan Panlok 66.

“Kita di Panlok 66 terdiri dari 4 sektor yaitu 3 sektornya berada di Kupang dan 1 sektor berada Unimor,” sebutnya.

Selanjutnya hasil ujian tersebut, akan diberangkat ke Kupang, Rabu (9/5) besok, dan dikirim ke Surabaya untuk diperiksa.

Mengenai hasil seleksi papar Profesol pertama di Unimor itu, rencananya diumumkan pada 3 Juli 2018. (isto bere)

Komentar
Click to comment

Most Popular

To Top