HEADLINE

Aparat Gabungan Tertibkan Ternak di Kota Betun. Camat: Empat Ekor Babi Ditangkap

Para petugas tengah mengangkat babi yang mati.

BETUN, Kilastimor.com-Pihak Kecamatan Malaka Tengah, terus melakukan pembenahan di tengah kota Betun, yang merupakan Ibukota Kabupaten Malaka. Salah satunya dengan dilakukan penertiban ternak yang berkeliaran di tengah kota.

Camat Malaka Tengah, Eduardus Bere Atok kepada media ini, Selasa (8/5) mengemukakan, pihaknya menggandeng Polsek dan Koramil Malaka Tengah dan Satpol PP Malaka dan linmas menertibkan ternak piaraan masyarakat di Kota Betun yang dibiarkan berkeliaran.

Penertiban ini sebutnya, dilakukan atas perintah Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran MPH. Selain itu, penertiban itu sebagai tindaklanjut pertemuan beberapa hari lalu.

“Saya kira penertiban ini bukan hal yang baru, karena sudah dilakukan dari tahun-tahun sebelumnya,” paparnya.

Disebutkan, pihaknya telah memberi waktu kepada aparatur desa untuk sosialisasi terkait penertiban hewan kepada warganya sejak 10 September 2017 lalu. Akan tetapi ternak masyarakat masih saja dibiarkan berkeliaran di dalam kota Betun.

“Saya sudah mengadakan rapat koordinasi dengan kepala Desa Wehali, Umakatahan dan Kamanasa terkait penertiban hewan ini. Selanjutnya kita memberikan kesempatan kepada aparatur desa mulai dari kepala desa hingga ketua RT untuk mensosialisasikan terkait penertiban hewan peliharaan kepada warga sejak 10 September 2017 lalu,” katanya.

Selanjutnya pada 11-14 September 2017 lalu, dirinya bersama Kapolsek dan Satpol PP mengadakan sosialisasi keliling ke desa-desa terkait penertiban ternak peliharaan, namun hingga hari ini belum juga ditaati.

Karena kondisi itu bilang dia, Selasa (8/5) pihaknya bersama anggota Polsek, Koramil Malaka Tengah dan Satpol PP melakukan penertiban ternak-ternak yang berkeliaran di Kota Betun. Binatang yang berkeliaran ditombak mati.

Setelah itu, pihaknya akan memanggil pemiliknya. Hari ini operasi berhasil menertibkan 4 ekor babi yang berkeliaran di dalam Kota Betun.

“Kita ingin menciptakan Betun yang benar-benar bersuasana kota dan bersih. Jadi ternak harus dikandangkan agar Kota Betun bisa tertib dan bersih. Hal ini akan memberikan kenyamanan bagi seluruh warga Kota Betun maupun pengunjung.

Disamping menertibkan ternak peliharaan, pihaknya juga menghimbau seluruh warga Malaka Tengah untuk menjaga kebersihan pekarangan rumah. (pisto bere)

Komentar
Click to comment

Most Popular

To Top