HEADLINE

Fary Francis Beri Kuliah Umum Pembangunan dan Pemberdayaan Desa di Poltekes Kupang

Fary Francis beri kuliah umum.

KUPANG, Kilastimor.com-Ketua Komisi V DPR RI, Fary Djemi Francis kembali diberi kesempatan melakukan kuliah umum di Politeknik Kesehatan Kemenkes Kupang, Sabtu (26/5).

Kegiatan dimaksud berlangsung di aula kampus Kebidanan Poltekkes Kemenkes Kupang dan dihadiri ratusan mahasiswa dan puluhan tenaga pendidik Poltekkes Kemenkes Kupang.

Direktur Poltekkes Kemenkes Kupang Drs. Jefrin Sambara, A.Pt, M.Si dalam sambutannya atas nama instansi mengucapkan terima kasih kepada Fary  Francis dan tim, atas kehadiran dan  kesempatan memberikan kuliah umum di kampus Poltekkes Kupang.

Kepada seluruh audiens, Jefrin Sambara mengharapkan agar memanfaatkan kesempatan yang ada, sebab baginya memahami mengenai masyarakat desa adalah sebuah keharusan karena ke depan dalam dunia kerja nanti mahasiswa selalu bersama dengan masyarakat.

Kuliah umum dipandu oleh moderator, Juni Gressilda, L. Sine, STP,M.Kes. Sedangkan narasumber yang hadir yakni Ir. Fary Djemi Francis, MMA dan Direktur Poltekkes Kemenkes Kupang Drs. Jefrin Sambara, A.Pt, M.Si.

Fary dalam pemaparan materinya  menggambarkan pembangunan pemberdayaan Desa dan Jefrin menggambarkan Tentang Gerakan masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Fary dalam kesempatannya menjelaskan tentang hakekat masyarakat yang sesungguhnya, dikaitkan dengan pengalaman nyata hidup bersama masyarakat desa, dan dihadapan audiens Fary memberi kiat untuk menjadi sukses yakni pertama tama adalah bergaul.

Di kesempatan selanjutnya, Jefrin Sambara mengatakan, mahasiswa perlu mengetahui perubahan pola penyakit terkait faktor perilaku masyarakat dan terdapat berbagai macam penyakit tidak menular. Hal ini terjadi karena perilaku hidup sehat masyarakat. Untuk mengantisipasi penyakit tersebut pemerintah mencangkan germas menjadi trend dalam aktivitas dan kehidupan sehari hari.

Jelas Jefrin, tujuannya adalah kesehatan terjaga, lingkungan yang bersih, produktif, biaya berobat yang berkurang dengan cara peningkatan aktivitas fisik, peningkatan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan, peningkatan edukasi sehat.

Peran masyarakat  dalam germas adalah cukup sederhana melakukan aktivitas fisik secara rutin setiap hari, membudayakan makan buah dan sayur setiap hari, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol pengelolaan stres dengan baik membuang air besar pada tempatnya, melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. (dinho mali)

Komentar
Click to comment

Most Popular

To Top