HEADLINE

Indonesia Negara Super Power Kebudayaan. Bupati Malaka Pose Bersama Murid Berkain Adat

Bupati Malaka pose bersama murid-murid Sekolah Dasar.

BETUN, Kilastimor.com-Peringatan Hardiknas di Kabupaten Malaka dibaluti dengan pakaian adat yang bertuliskan Bhineka Tunggal Ika.

Pantauan media ini, siswa-siswi memakai pakain adat dari berbagai daerah di Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia kaya keragaman budaya dan etnis.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy dalam sambutan yang dibacakan oleh Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran mengatakan, bangsa Indonesia terus berusaha menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang kaya raya dalam hal budaya, sebagaimana diakui oleh salah satu Asisten Direktur Jenderal UNESCO, yaitu Fransesco Bandarin. Bandarin mengatakan Indonesia sebagai negara adidaya (super power) kebudayaan. “Kita harus terus menggali kekayaan budaya Indonesia, melestarikan, dan mengembangkannya demi terwujudnya Indonesia yang benar-benar adi kuasa di bidang kebudayaan,” tulisnya.

Itulah sebabnya lanjut Mendikbud, Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan mengamanatkan bahwa pemajuan kebudayaan memerlukan langkah strategis berupa upaya-upaya pelindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Cita-cita pendidikan dan kebudayaan nasional sebutnya, hanya bisa terwujud jika semua pihak bekerja keras dan berdaya jelajah luas. Hanya dengan cara itu, kerja pendidikan dan kebudayaan dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran usai memimpin upacara mengambil kesempatan untuk pose bersama siswa-siswa yang mangunakan pakain adat dan peserta yang hadir dalam upacara tersebut. (pisto bere)

Komentar
Click to comment

Most Popular

To Top