EKONOMI

Jelang Penanaman Jagung RPM, Poktan Budi Makmur Laleten Lakukan Penyemprotan Gulma

Penyemprotan gulma oleh Poktan di Laleten.

BETUN, Kilastimor.com-Menjelang penanaman simbolis jagung Revolusi Pertanian Malaka (RPM) oleh Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, M.PH, 9 Mei mendatang, Ketua Kelompok Tani (Poktan) Budi Makmur, Yanuarius Seran Nahak bersama anggota dan Petugas Pendamping Lapangan (PPL) Yeremias Seran Nahak melakukan penyemprotan gulma di lokasi demplot Jagung 5 Ha di Lahan Kelompok Tani Budi Makmur Desa Laleten, Kecamatan Weliman Kabupaten Malaka.

Ketua Poktan Budi Makmur, Yanuarius Seran Nahak (41), ketika dikonfirmasi media ini mengatakan, penyemprotan gulma dilakukan untuk mencegah rumput yang baru tumbuh, sehingga pada saat penanaman simbolis nanti, tidak ada rumput yang tumbuh.

Lanjut dia, lahan Yang disiapkan seluas 5 Ha untuk penanaman komoditi jagung RPM yang akan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Malaka 9 Mei 2018.

Terpisah Petugas Pendamping Lapangan (PPL) Desa Laleten, Yeremias Seran Nahak ketika dikonfirmasi media ini usai memantau penyemprotan mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mencegah rumput yang baru tumbuh.

Lanjut dia, sebagai PPL pihaknya terus memantau dan mendampinggi para petani di wilayah kerjanya sehingga program RPM dapat memberikan hasil yang memuaskan bagi para petani.

“Harapan kita, jagung RPM dengan pola tanam modern yakni Double track yang diterapkan oleh tim pakar RPM, para petani bisa memperoleh hasil panen yang melimpah, sehingga para petani tidak mengalami kekurangan pangan,” ungkapnya.

PPL sekaligus Wasit PSSI Malaka ini menambahkan, lahan yang disiapkan ini dibajak secara gratis oleh Pemda Malaka melalui program RPM. Sedangkan benih, pupuk dan Obat-obatan merupakan bantuan dari Balai Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Nusa Tenggara Timur. (adhi teiseran)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top