HEADLINE

Jelang Perarakan Besar Malaka, Kadis PKPO Rapat dengan Para Guru

Rapat persiapan Perarakan Besar Malaka.

BETUN, Kilastimor.com-Kepala Dinas PKPO Kabupaten Malaka, Petrus Bria Seran menggelar pertemuan bersama guru-guru se-Kabupaten malaka baik SD, SMP maupun SMA/SMK dalam rangka persiapan Perarakan Besar Malaka di awal September mendatang.
Pertemuan itu digelar di Aula Dekenat Malaka, setelah usai upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional, Senin (7/5) lalu.

Petrus Bria Seran yang merupakan Ketua Panitia Perarakan Besar Malaka menjadi pembicara tunggal.

Petrus Bria Seran mengemukakan, moto perarakan tahun 2018 yakni “Perarakan Positif, Perarakan Sukses”.

Moto yang diangkat itu bertujuan untuk tidak boleh menyebarkan informasi negatif atau sesat yang mengadu domba antara pemerintah dan gereja, terutama menyangkut Legio Mariae dan Perarakan Besar Malaka.

Petrus menghimbau agar sekolah-sekolah yang belum mengadakan pelantikan Legio Mariae supaya dipersiapkan sehingga pada saatnya nanti tidak mengalami kesulitan dan anak-anak tahu mendaraskan doa-doa terutama Tesera.

Untuk peperakan kali ini terang dia,  koor perarakan dipercayakan kepada SMAN Sasitamean, SMA Io Kufeu dan SMA Laen Manen dan SMKN Io Kufeu, yang di Koordinator oleh Drs. Anton Atok.

Lagu wajib misa perarakan: Ohin Loron, Hamrik Hamutuk dan Inilah Tubuh dan Darah-Ku. Sedangkan selama perarakan hanya menyanyikan lagu Ave-ave Maria.

Sementara itu, busana yang digunakan peserta perarakan yakni pakaian adat. Khusus perempuan mengenakan tais marobo, selendang. Untuk koor memakai baju putih lengan panjang. Sementara laki-laki kain dan memakai destar.

Selain itu, busana ini berlaku juga untuk paroki-paroki saat kunjungan patung Bunda Maria.

Dalam menyonsong Perarakan Besar Malaka awal September mendatang, akan diadakan perlombaan, berupa perlombaan kesenian dan pertandingan sepak bola antar paroki sedekat malaka. (pisto bere)

Komentar
Click to comment

Most Popular

To Top