EKONOMI

Pola Tanam Jarwo Tingkatkan Produksi Padi Poktan Sinar Weliman

Pengambilan ubinan padi.

BETUN, Kilastimor.com-Program Revolusi Pertanian Malaka (RPM) terus memperlihatkan keberhasilan.

Salah satunya dirasakan Kelompok Tani (Poktan) Sinar Weliman.
Bagaimana tidak, sejumlah intervensi Program RPM, meningkatkan hasil produksi padi.

Ketua Kelompok Tani Sinar Weliman, Desa Laleten, Kecamatan Weliman, Ferdinandus Seran kepada media ini, disela-sela pengambilan ubinan mengatakan, pihaknya merasa sangat senang dan bangga, karena hasil panen padi pada lahan seluas 25 hektare kelompoknya mengalami peningkatan tajam.

“Setelah menggunakan metode tanam jajar legowo, hasil panen padi musim tanam pertama (MT1) tahun ini, sangat baik dan meningkat dibandingkan dengan hasil panen sebelumnya,” ungkap Ferdinandus Seran, Rabu (16/5/2018).

Ferdi sapaan karibnya melanjutkan, pola tanam jajar legowo (Jarwo) sangat bagus dan terbukti bisa meningkatkan hasil panen. Sebelumnya, kelompoknya hanya bisa memanen padi sebanyak 3-3,5 ton per hektar. Kini, setelah menggunakan pola tanam jarwo, poktan bisa memanen padi sebanyak 7 ton per hektar.

“Atas bantuan dan pendampingan yang intensif dari Dinas Pertanian melalui PPL dan mantri tani, hasil panen padi musim tanam pertama (MT1) meningkat drastis,” ujar Ferdy sembari senyum sumringah.

Sementara itu, Yeremias Nahak, PPL Pertanian Desa Laleten mengatakan pihaknya melakukan ubinan di lahan milik Poktan Sinar Weliman dan ternyata hasilnya sangat memuaskan.

“Dari ubinan yang kita lakukan, ternyata satu hektar lahan bisa menghasilkan 7 ton padi, dengan pola tanam jajar legowo,” imbuhnya.

Selama ini tambah dia, pihaknya selalu memberikan pendampingan kepada kelompok tani di desa Laleten baik untuk petani lahan kering maupun lahan basah. (pisto bere)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top