HEADLINE

Tujuh Kabupaten di NTT dapat Bantuan Irigasi Perpompaan

Ir. Yohanes John da Costa

KUPANG, Kilastimor.com-Memasuki musim kemarau berbagai tindakan antisipatif terus dilakukan di bangsa ini termasuk di dalamnya tindakan antisipasi yang dilakukan oleh Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian Republik Indonesia dengan memberikan bantuan pompanisasi irigasi kepada kelompok Ternak dan Tani ke seluruh wilayah Indonesia.

Pada tahun ini, Provinsi NTT juga mendapat bantuan yang bersumber dari APBN tersebut. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Bidang Saspra dan Pengembangan Sumber Daya Peternakan pada Dinas Peternakan Provinsi NTT, Ir. Yohanes John da Costa, Rabu (2/5) yang ditemui di ruangan kerjanya.

John Da Costa kepada media ini menginformasikan bahwa Untuk wilayah Nusa Tenggara Timur sendiri terdapat tujuh kabupaten yang akan menerima bantuan tersebut adalah Kabupaten Kupang, Kabupaten TTS, Kabupaten TTU, Kabupaten Belu, Kabupaten Ngada, Kabupaten Rotendao dan Kabupaten Sumba timur.

“Kita telah melakukan survey di beberapa kabupaten dan semuanya sudah siap, total keseluruhan 21 unit dengan masing masing kabupaten tiga unit,” ungkapnya.

Da Costa melanjutkan bahwa sasaran dari bantuan ini dari Dinas Peternakan menginginkan pakan ternak yang sehat, Hijau, segar dan selebihnya  merupakan satu upaya pemberdayaan masyarakat karena semua bantuan dan pekerjaan-pekerjaan yang ada dilaksanakan oleh anggota kelompok ternak/tani tersebut, juga di lain sisi masyarakat bisa memanfaatkan pompa air untuk kebutuhan pertanian.

Lanjutnya Da Costa mengatakan
“setelah Survey dan memungkinkan serta ketua kelompok  dan anggotanya setuju maka akan ada SK Penetapan dari Kadis Peternakan setiap kabupaten yang akan diteruskan kepada kita ( Dinas Peternakan Provinsi) dan kita teruskan  ke Dirjen PSP” Ungkapnya.

Harapanya agar para kelompok yang sudah disurvey secepatnya  memasukan persayaratan persyaratan yang ada sehingga  bisa dilaksanakan.

“Masing masing kabupaten mempunyai Calon Petani Calon Lokasi (CPCL) dibantu tim teknis kabupaten dan tim teknis provinsi, mereka harus secepatnya kirim ke kita semua persyaratan termasuk SK penetapan kepala Dinas di masing masing kabupaten,” ungkapnya.

Diinformasikan 21 kelompok yang akan diberi bantuan itu adalah untuk kabupaten Kupang  Kelompok Nunsono ( Desa Fatukanutu/ Amabi Oefeto), Kelompok Moinfeu ( Desa Nonbes/ Amarasi), Kelompok Mari Beternak ( Desa Tarus/  Kupang Tengah). Untuk Kabupaten TTS  Kelompok Sufhitu ( Desa Kusi/ Kuanfatu), Kelompok Tunas Harapan( Desa Kuanfatu/ Kuanfatu), Kelompok Tunas Baru ( Nifukani/Amanuban Barat). Untuk kabupaten TTU kelompok Tani Hidup baru Oelmuke (Tasinifu/Mutis), kelompok Tani Nekmese (Tublopo/ Bikomi Selatan) kelompok tani Padan ( Kiuola/Noemuti). Untuk Kabupaten Belu Kelompok Sinar laloran ( Bakustulama/ Tasifeto barat), kelompok Timor oan bersatu (Bakustulama/Tasbar),  kelompok Baulenu (Manleten/ Tastim). Selanjutnya untuk kabupaten Rotendao  kelompok Danoselik (Kel. Busalangga/ Rote Barat laut), Kelompok Nggelamalole ( lNggelamalole/ Rote Tengah), kelompok Lolobanda (Oenitas/Rote Barat). 

Untuk kabupaten Sumba Timur: kelompok  Buhan Pahamu ( Bidihunga/ Lewa), kelompok  Bina Tani Mulia ( Matawai Maringgu/ Kahungi Eti), kelompok Oriangu 1 (Kaliuda/ Pahunga Lodu) dan selanjutnya untuk Kabupaten Ngada: kelompok St.Edit Stein ( Wolomeze/ Riung Barat), kelompok kreasi Tani mandiri ( Nginamanu/Wolomeze) dan kelompok Rangkak Samang (Taenterong II/ Riung).

Terpisah dari itu Moses Timo Usfinit, motivator muda Idonesia yang bersama tim dari Dinas Peternakan Provinsi NTT yang melakukan survey di Kabupaten TTU beberapa hari yang lalu melalui media mengucapkan terima kasih kepada Dinas Peternakan Provinsi dan Kabupaten TTU.
“Survey telah di lakukan lokasi titik air untuk bantuan pompanisasi  yang tujuan salah satunya untuk pakan ternak  dan masih banyak lainnya” Ungkapnya

Lanjut Motivator muda Indonesia yang pernah menerima penghargaan sebagai tokoh muda revolusi mental Indonesia  dari Presiden RI Ir. Jokowi ini mengharapkan  agar masyarakat memanfaatkannya semua bantuan ini dengan baik dan menjaganya. (dinho Mali).

Komentar
Click to comment

Most Popular

To Top