EKONOMI

Warga Umatoos Kembangkan Tanaman Bawang Merah

Inilah bawang merah yang ditanami Sergius Klau dan kelompoknya di Umatoos.

BETUN, Timor.com-Program Revolusi Pertanian Malaka (RPM) terus bergeliat di Malaka.
Salah satunya di tengah masyarakat Desa Umatoos, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka.
Masyarakat setempat mulai menyiapkan lahannya untuk ditanami bawang merah RPM.

Pantauan media ini, warga desa itu mulai menanami bawang merah dan tumbuh dengan suburnya. Selain itu, sebagaian warga mulai menyiangi lahan, untuk ditanami bawang merah RPM.

Sergius Klau, seorang warga Desa Umatoos ketika ditemui media ini menuturkan, setelah lahannya dibalik secara gratis dengan traktor RPM, pihaknya menyiapkan lahan dan mulai menanam bawang merah RPM yang dibagikan secara gratis kepada masyarakat sebelumnya.

“Bahkan ada juga bawang merah warga yang sudah mulai tumbuh dengan sangat suburnya,” Sergius Klau, Kamis (24/5/2018).

Sergius melanjutkan, dirinya sangat antusias dan termotivasi mengembangkan pertanian, dengan didukung penuh program Revolusi Pertanian Malaka yang digalakkan Pemerintah Kabupaten Malaka dibawah kepemimpinan Bupati, Stefanus Bria Seran.

“Program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Malaka yang rata-rata mata pencahariannya berasal dari bertani. Jadi kami bergitu termotivasi untuk bekerja,” terang dia.

Menurut dia, masih ada sebagian masyarakat yang menganggap RPM itu gagal dan tidak menyentuh masyarakat. Akan tetapi bagi Ketua Golkar Kecamatan Malaka Barat ini, semua yang telah diupayakan Pemda Malaka mulai merubah mins set warga dan kini banyak berhasil. Semua memang butuh waktu dan proses.

“Bapak Bupati Malaka Stefanus Bria Seran dalam setiap kesempatan ketika berkunjung ke masyarakat sering mengatakan tidak dengan serta merta sebuah program itu berhasil dalam setahun atau dua tahun. Semua itu harus butuh proses. Sehingga mari kita selalu berpikir positif untuk mendukung program yang sangat bermanfaat bagi masyarakat,” kata pria penyuka baju kuning ini.

Terkait pendampingan, dirinya juga mengemukakan bahwa dinas teknis terkait selalu datang dan melihat perkembangan setiap saat, sehingga kalau ada masalah dapat diatasi.

Untuk diketahui, lahan yang sudah ditanami bawang merah oleh Sergius Klau dan kelompoknya seluas 1,5 hektare. (pisto bere)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top