HEADLINE

4.000 Surat Suara Dikirim ke NTB. Ini Komentar Bawaslu dan KPU NTT

Surat suara Pilgub 2018.

KUPANG, Kilastimor.com-Ada yang aneh dalam pengiriman surat suara pada Pilgub NTT 2018. Pasalnya, ada ribuan surat suara dikirim ke provinsi lain.

Tercatat, sebanyak 4.000 lembar surat suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), ditemukan di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Boks berisi surat suara yang dikirim ke Sumbawa, NTB.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu NTT, Jemris Fointuna mengatakan, surat suara tersebut diketahui saat dilakukan penyortiran.

“Surat suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTT tersebut diketahui Minggu (10/6/2018), setelah kotak berisi surat suara tersebut tiba dan hendak dilakukan penyortiran,” ungkap Jemris kepada wartawan, Senin (11/6/2018).

Ribuan lembar surat suara itu dimasukkan ke dalam dua boks yang dikirim ke Satker Kabupaten Sumbawa beralamat Jalan Garuda Nomor 109 Sumbawa Besar (Eks Kantor Pajak/Perhutani).

Menurut Jemris, surat suara itu dikirim oleh PT. Temprina Mefia Grafika.
Boks dengan Nomor 83/166 dan Nomor 81/166 tersebut, masing masing berisi 2.000 lembar surat suara.

“Terkait dengan itu, secara resmi kami akan pertanyakan ke KPU, mengapa surat suara bisa dikirim ke provinsi lain,” ucapnya. 

Juru Bicara KPU NTT Yosafat Koli mengatakan, pihaknya juga sudah memeroleh informasi tersebut dan saat ini telah berkoordinasi dengan pihak distributor pencetak surat suara.

“Memang surat suara tersebut nyasar di Sumbawa. Kesalahannya ada pada pihak distributor. Kita sudah meminta kepada pihak distributor untuk bertanggung jawab, untuk meluruskan hal itu,” ucap Yosafat.

Yosafat berharap, surat suara itu segera dikirim sesuai alamatnya di NTT.
(*/dinho mali)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top