EKONOMI

BPS: Wisman yang Masuk Melalui Atambua Meningkat. Hati-hati dengan Uang Palsu

Naek Tigor Sinaga

KUPANG, Kilastimor.com-Berdasarkan Data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTT periode Mei 2018, untuk wisatawan mancanegara (Wisman) yang masuk ke Indonesia melalui pintu masuk Atambua meningkat.
Hal ini dikemukakan kepala BPS NTT Maritje Pattiwaellapia, SE, M.Si pada konfrensi pers  bersama BPS NTT, Senin (4/4/18) di kantor BPS Provinsi Nusa Tenggara Timur.

“Pada bulan Mei 2018, jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia melalui pintu masuk Atambua sebanyak 5.571 orang,” ungkapnya.

Menurutnya, jumlah wisatawan yang ada mengalami kenaikan sebesar 6,11 persen dibandingkan dengan data kunjungan wisatawan mancanegara April 2018 sebanyak 5.250 orang.

Dengan meningkatnya wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia melalui pintu masuk Atambua pada bulan ini, dapat memungkinkan berbagai hal terjadi salah satunya beredarnya uang palsu.

Terkait hal ini, masyarakat NTT diminta untuk berhati hati dalam menukar uang.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Nusa Tenggata Timur, Naek Tigor Sinaga yang ditemui media ini usai konfrensi pers di kantor BPS NTT menginformasikan, untuk mengantisipasi uang palsu beredar, pihaknya telah menetapkan 78 titik penukaran uang.

“Untuk mengantisipasi peredaran uang palsu, kita sudah buat 78 titik penukaran uang,” ungkapnya.

Pembentukan titik-titik penukaran uang tersebut dengan maksud agar masyarakat yang menukar uang, terhindar dari peredaran uang palsu yang dapat  merugikan masyarakat itu sendiri.

Naek Tigor Sinaga menyebutkan, selain membuat titik-titik penukaran uang,  pihaknya juga terus bersosialisasi dan berharap masyarakat tetap berhati hati ketika menukar uang.

“Kami tetap melakukan sosialisasi agar penukaran uang melalui Bank Indonesia maupun mobil mobil khas keliling, dan berharap agar masyarakat tetap  berhati-hati terhadap peredaran uang palsu,” ungkapnya. (dinho mali)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top