EKONOMI

Bupati Malaka Minta Petani Tidak Cepat Menjual Bawang Setelah Panen

Bupati Malaka pantau pengembagan bawang merah di Wederok.

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Kabupaten Malaka terus mendorong pembudidayaan bawang merah oleh kelompok tani.

Pemerintah tidak hanya duduk berpangku tangan di belakang meja sambil menunggu laporan petugas, namun proaktif turun ke lapangan untuk melihat dari dekat aktifitas petani bawang merah, serta melihat kebutuhan dan kesulitan yang dihadapi petani.

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran mengatakan hal itu saat mengunjungi petani bawang merah empat desa di Kecamatan Weliman belum lama ini.

“Kunjungan itu untuk melihat secara riil karena empat desa yakni Desa Angkaes, Wederok, Lamudur dan Forekmodok 
baru tanam bawang tahun ini sehingga kita kesana untuk beri motivasi. Selain itu kita kesana untuk melihat kesulitan dan persoalan yang dihadapi petani. Disana kita temukan ada kesulitan dalam penyiraman. Hal itu bisa  diatasi  dengan cara petani gali sumur dan pemerintah bantu mesin pompa air,” kata Bupati Perdana Malaka itu.

Disebutkan, kebun bawang di Desa Wederok dekat dengan sungai, sehingga  pemerintah bantu mesin pompa air untuk sedot air, guna mudahkan penyiraman. “Kita berharap paling lama Senin besok sudah direalisasi karena kita ada stok pompanya,” bilang SBS sapaan karib Bupati Malaka.

SBS sapaan Akrabnya itu menjelaskan, Petani bawang ternyata  senang sekali   karena saat berkunjung para petani berada di kebun masing-masing untuk tanam bawang dan membersihkan kebunnya masing-masing.

Lanjutnya, terkait pasca panen, pihaknya sudah kontak dengan Kementerian Pertanian dan tim pakar yang menangani bidang ekonomi supaya berkomunikasi dengan para pengusaha yang akan membeli komoditi bawang.

“Kita juga sudah menyampaikan kepada petani agar setelah panen jangan terburu menjual hasil panenan, karena biasanya saat panen harga bawang cenderung menurun. Kita harus lihat trend pasar karena dalam satu dua bulan setelah panen harga bawang kembali normal dan cenderung naik,” pintanya. (pisto bere)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top