HEADLINE

Ini Tanda-tanda Terkena Kanker Serviks. dr Oktelin: Segera Periksa jika ada Gejalanya

dr. Oktelin Kurniawati Kaswanie

BETUN, Kilastimor.com-Direktur Rumah Sakit Penyangga Perbatasan (RSPP)Betun dr. Oktelin Kurniawati Kaswanie terus memberi perhatian kepada kesehatan reproduksi kaum ibu, Salah satunya tentang kanker serviks serta gejala-gejalanya.

Kepada media ini ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya usai kegiatan Sosialisasi dan Pemeriksaan IVA Test “Deteksi Dini Wujudkan Wanita Indonesia Bebas Kanker Serviks Dan Payudara” di Aula Kantor Bupati, Jumat (29/6/2018) mengemukakan, ada empat gejala awal pada perempuan yang terkena kanker serviks.

Diantaranya, 1. Biasa Keputihan pada vagina yang berlebihan. Bukan berarti semua keputihan itu kanker serviks, akan tetapi orang yang biasanya terkena kanker biasanya ada keputihan yang berlebihan.
2. Biasanya mulai terasa sakit berlebihan saat berhubungan intim
3. Saat berhubungan intim, mulai keluar darah. Hal ini karena sel rahimnya sudah rapuh.
4. Apabila sudah menyerang organ-organ lain, maka akan terkena penyakit ginjal, penyakit hati dan penyakit paru-paru, sehinga sering mengalami batuk-batuk dan berat badannya mulai menurun.

“Jika sudah menyerang ke seluruh sel-sel maka tidak bisa di apa-apakan lagi, atau parah,” bilangnya.

dr. Oktelin melanjutkan tanda kanker serviks gampang dikenal, apalagi keputihan berlebihan.

Direktur RSPP Betun itu, menghimbau kepada kaum perempuan Malaka, apabila sudah mengalami keputihan yang berlebihan, alangka baiknya segera ke puskesmas untuk melakukan tes IVA. Apabila di puskesmas tidak bisa, diharapkan datang langsung ke RSPP Betun dengan membawah surat rujukan dari Puskesmas. Selanjutnya, pasien akan ditangani secara gratis di RSPP Betun.

“Alangka baiknya kita mencegah dari sekarang, sebelum terlambat,” ungkap berparas cantik itu. (pisto bere)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top