HEADLINE

KPU NTT Siap Gelar Pilgub NTT Besok

KPU NTT sedang memberi keterangan pers terkait Pilgub NTT, Rabu besok.

KUPANG, Kilastimor.com-Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyatakan kesiapannya dalam menggelar pemungutan dan penghitungan suara dalam ajang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah (Pilgub), Rabu (27/6/2018).

Hal ini disampaikan Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas-Adoe kepada awak media dalam acara jumpa pers di kantor KPU NTT, Selasa (26/6/2018).

“Berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu, semua siap untuk melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara besok,” ungkapnya.

Maryanti menginformasikan, sejauh ini pihaknya telah berkoordinasi dengan Bawaslu, Pemerintah, pihak keamanaan dalam hal ini Polda NTT, pihak PLN  dan pihak pihak terkait lainnya.

Untuk hasil pemilihan umum itu sendiri, pihak KPU NTT tidak melakukan perhitungan cepat, sebab ada beberapa lembaga survei yang dipercaya melakukan survey dan perhitungan cepat atau quick count.

“Kami (KPU) tidak melakukan perhitungan cepat, untuk informasi  terbaru silahkan ikuti lewat website KPU” bilang Maryanti.

Lanjutnya, walau pihaknya tidak melakukan perhitungan cepat namun sejauh ini ada  enam lembaga survey  telah mendaftar ke KPU NTT beberapa hari yang lalu untuk melakukan Quick Count.

Enam lembaga survey yang telah terdaftar itu yakni Indo Barometer, Losta Institute, Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), PT. Indikator (politik Indonesia), Jaringan Suara Indonesia dan Bengkel Advokasi Pemberdayaan dan pengembangan kampung (Bengkel Appek) NTT.

Untuk perhitungan cepat yang akan  dilakukan oleh lembaga survey yang dimaksud, Maryanti mengaskan bahwa hasil tersebut bukan hasil resmi KPU, sebab baginya Quick Count yang dilakukan hanya pengambilan sampel dari 22 kabupaten atau Kota yang ada di NTT.

“Adapun hasil perhitungan cepat yang ada nantinya, itu bukan hasil resmi KPU sebab mereka hanya mengambil sampel dari 22 kabupetan/ Kota. Kami perkirakan tanggal 28 malam KPU NTT telah menerima  100 persen hasil yang pemilihan umum yang sah dari setiap Kabupaten/ Kota,” katanya.

Diakhir konpres, Maryanti mengingatkan agar perolehan suara mulai tingkat  Tempat Pemungutan Suara (TPS) tetap terjaga hingga pleno tingkat akhir, tetap terjaga dan aman.

Diinformasikan, pihak KPU NTT memastikan ada pelayanan juga di rumah sakit. Pelayanan dimaksud tetap ada, karena pihaknya telah melakukan pendataan di Kota Kupang dan 21 kabupaten lainnya hari ini. (dinho mali)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top