HEADLINE

Pancasila Sebagai Pemersatu Bangsa Selaiknya Dipertahankan

Peringatan Hari Lahir Pancasila di Malaka.

BETUN, Kilastimor.com-Rumah Baca Anak Bangsa Malaka, Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional (GMNI) Belu Komisariat Malaka dan Persatuan Alumni GMNI Malaka memperingati hari lahir Pancasila yang dikemas nonton bareng Film Bung Karno, serta dilanjukan dengan Malam Renungan Hari Lahir Pancasila, di Rumah Baca Anak Bangsa Malaka, Jumat, (1/6/2018).

Rangkaian kegiatan diisi juga dengan merenungkan kembali butir-butir Pancasila serta menghayati makna yang terkandung didalam lima butir Pancasila.

Koodinator Rumah Baca Anak Bangsa, Pisto Bere mengatakan, sangat penting menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia di Kabupaten Malaka yang berbatasan langsung dengan dua negara yakni, Timor Leste dan Australia.
Untuk itu, perlu ditanamkan jiwa nasionalisme dan Pancasila sebagai dasar Negara kepada generasi bangsa guna mengamalkan substansi lima sila Pancasila untuk generasi Malaka di daerah perbatasan.

“Pancasila sebagai hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Sukarno pada sidang BPUPKI sebagai embrio lahirnya Pancasila. Dari pidato Soekarno yang dianalisis dan rumusan akhir Pancasila 18 Agustus 1945,” jelasnya.

Dirinya melanjutkan, terkait Undang-Undang Negara Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila, maka seharusnya kader GMNI serta seluruh komponen bangsa untuk mewujudkan pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita sebagai warga negara Indonesia telah mengakui bahwa Pancasila lahir pada 1 Juni. Jadi wajib di jalan,” ungakap pisto.

Ricky Rikardo Nahak sebagai anggota baru GMNI Komisariat Malaka menuturkan, kegiatan sangat bagus buat angota baru di GMNI. Disini semua bisa paham tentang pentingnnya Pancasila yang harus di junjung tinggi di Malaka sebagai kabupaten perbatasan ini.

Bendahara Alumni GMNI Malaka, Sarina Lany mengatakan, Pancasila sebagai dasar negara sudah final, untuk itu, sebagai generasi penerus bangsa, sudah patut dan selayaknya ikut mengawal dan menjaga dari oknum atau golongan yang menginginkan mengubah pancasila di Negara yang dicintai ini. (Pisto bere)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top