HEADLINE

Bappeda Siapkan Website Malaka Satu Data

Januaria Maria Seran

BETUN, Kilastimor.com-Guna meningkatkan sistem pelayanan yang terbuka dan tranparan kepada masyarakat Malaka, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Malaka melakukan pelatihan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daearah (OPD) Kabupaten Malaka, terkait pembentukan Malaka Satu Data melalui sistem Website (SIMALASATA) untuk meningkatkan koordinasi perencanaan.

“Dengan kami berikan user dan password, maka OPD melakukan input data. Jadi kami tidak perlu melakukan kontak, tapi kami cukup melakukan pengecekan melalui website, soal perkembangan data apa yang mereka input,” ungkap Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Perencanaan Daerah Kabupaten Malaka, Januaria Maria Seran usai memberikan materi, Rabu (4/7/2018).

Lanjut Januaria, Malaka Satu dmData ini sangat memudahkan pihaknya untuk mengontrol, jika data-data dari OPD  yang belum diinput. Pihaknya tinggal maka melakukan konfirmasi kepada OPD tersebut.

“Ini langka awal kami untuk Malaka atu Data. Kami mulai dari e-database.  e-database ini satu sistem yang menyimpan semua data informasi yang tersimpan dalam server secara sistematik, sehingga dapat diperiksa mengunakan komputer atau laptop untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, kedepan direncanakan Bappeda akan mengeksekusinya karena sudah diatur dalam program. Selain itu semua tidak lagi mengunakan laporan secara manual akan tetapi semua akan diatur dalam sistem yang dikembangkan, sehingga tidak ada yang bisa keluar dari jalur, itu yang kita harapkan.

“Yang kita harapkan sebuah sistem  pemerintahan yang terbuka atau tranparan,” timpalnya.

Ia berharap, komitmen dari semua OPD untuk benar-benar menginput datanya, sehingga kedepannya tidak ada sistem secara manual lagi. Ini akan menjadi tanggung jawab masing-masing OPD di Kabupaten Malaka.

Untuk informasi, Malaka Satu Data sudah diinput online secara nasional kedalam sistem, sehingga terhitung hari ini sudah mulai bisa diakses melalui Website: http://sipd.kemendagri.go.id (pisto bere)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top