HEADLINE

Hingga Kini Belum Ada Partai Daftarkan Caleg di KPU TTU

Fidelis A. Olin

KEFAMENANU, Kilastimor.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sejak tanggal 4 Juli lalu telah membuka pendaftaran penyerahan berkas dari partai dan bakal calon legislatif (bacaleg) yang akan bertarung dalam pemilihan legislatif tahun 2019 mendatang.

Namun hingga Rabu (11/7/2018) atau tepatnya tujuh hari setelah waktu pembukaan pendaftaran, belum ada partai dan bacaleg yang menyerahkan berkas ke KPU Kabupaten TTU.

Juru bicara KPU, Fidelis A. Olin mengatakan, sejak pendaftaran dibuka 4 Juli lalu, sampai sekarang belum ada bacaleg yang datang mendaftar,” tutur Juru bicara KPU Kabupaten TTU, Fidelis Olin saat ditemui Kilastimor.com di ruang kerjanya, Rabu (11/07).

“Sudah tujuh hari pembukaan pendaftaran belum ada partai yang mendaftar. Hanya pengurus dari Perindo dan PPP yang datang untuk konsultasi terkait kesiapan kelengkapan,” ujar Fidelis.

Ia mengatakan, sesuai jadwal yang telah ditetapkan, waktu pendaftaran bacaleg akan dilakukan dari 4 Juli hingga 17 Juli.

Sedangkan verifikasi berkas dilakukan pada 5 Juli hingga 18 Juli. 19 Juli -21 Juli, merupakan waktu bagi KPU untuk menyerahkan hasil verifikasi kembali ke partai.

Sementara 22 Juli hingga 31 Juli merupakan waktu bagi bacaleg untuk memperbaiki berkas yang sebelumnya sudah diverifikasi.

“Tanggal 1 Agustus sampai 7 Agustus itu waktu bagi kami untuk mempelajari berkas yang sudah diperbaiki oleh bacaleg dan tanggal 8-12 Agustus mulai penyusunan daftar bacaleg,” jelasnya.

Fidel pada kesempatan tersebut juga menegaskan, pendaftaran nama dan penyerahan berkas hanya dilakukan satu kali dalam tenggat waktu antara 4 Juli hingga 17 Juli.

Hal tersebut disampaikan karena adanya rumor yang berkembang bahwa ada partai yang hanya akan mendaftar sebagian nama bacaleg saat masa pendaftaran. Sedangkan nama bacaleg lain akan didaftarkan setelah verifikasi berkas.

“Jadi partai hanya bisa daftarkan nama bacaleg satu kali saja. Tidak bisa daftar satu nama saja dan nanti baru daftarkan nama bacaleg lainnya,” pungkasnya. (isto santos)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top