EKONOMI

Kadis Parbud Malaka: Masyarakat Sekitar Pantai Motadikin Diminta Kandangkan Ternak

Rofinus Bau

BETUN, Kilastimor.com-Fasilitas yang dibangun di Pantai Motadikin terus mendapat perhatian dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Malaka.

Kepala Disparbud Kabupaten Malaka, Rofinus Bau kepada media ini Minggu (1/7/2018) menghimbau penduduk di sekitaran Pantai Motadikin agar tidak membiarkan ternak peliharanya di lokasi wisata termasuk di pondok-pondok yang baru selesai dibangun itu.

Rofinus sangat prihatin terkait banyaknya ternak peliharaan seperti babi, kambing dan sapi yang setiap hari berkeliaran di lokasi wisata dan menempati lopo-lopo.

Dirinya mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah menyiapkan empat tenaga kontrak daerah (Teda) dan satu PNS, untuk ditugaskan setiap hari di Pantai Motadikin. “Kita sudah tugaskan lima orang untuk jaga di lokasi untuk kontrol dan membersihkan di pondok-pondok yang ada. Namun pada malam hari masyarakat membiarkan hewan peliharaanya seperti kambing, sapi dan babi berkeliaran di lokasi wisata dan menempati pondok-pondok yang ada sehingga paginya terlihat penuh dengan kotoran ternak,” sebut dia.

Dikatakan, pegawai mereka tidak mungkin menjaga sampai malam hari, karena jarak antara tempat tinggalnya para petugas cukup jauh. “Kita sering kontrol mereka, akan tetapi jarak tempuh teda yang ditempatkannya cukup jauh sehingga sorenya mereka pulang kembali kerumah,” tuturnya.

Dirinya menegaskan agar masyarakat yang tinggal di sekitar objek wisata Pantai Motadikin agar bisa mengamankan ternak peliharaaannya dengan cara mengkandangkannya, sehingga tidak mengotori pondok-pondok yang sudah disediakan ini.

“Ini fasilitas umum jadi kita perlu menjaga dan merawatnya bersama,” pungkasnya. (pisto bere)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top