HEADLINE

Minim Partisipasi Pemilih, KPU Malaka Disorot Saksi Paslon Gubernur dan Wagub

KPU Malaka serahkan hasil pleno kepada tim Victory-Joss.

BETUN, Kilastimor.com-Rendahnya tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Malaka pada hajatan pesta demokrasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT (27/6/2018) lalu menuai kritik dan kecaman dari saksi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

“Tingkat partisipasi pemilih pada Pilgub NTT masih sangat rendah yakni sekitar 62,3 persen, KPUD Kabupaten Malaka Perlu di Audit oleh pihak yang terkait,” bilang saksi pasangan calon gubernur nomor urut 1 (Eston-Christ) Emanuel Nahak ketika menghadiri rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTT di aula susteran SSpS betun, rabu 4/7/2018 kemarin.

Kurangnya Partisipasi masyarakat untuk memilih pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTT akibat dari sosialisasi KPU Malaka tidak tepat sasaran.

“Ini menyangkut hak masyarakat malaka untuk memilih sehingga menjadi tugas KPU malaka dan tugas kita bersama, agar kedepannya masyarakat bisa memilih dan menggunakan hak konstitusinya demi memperoleh hasil pemilu yang berkualitas dan bermartabat,” ujarnya.

Selain itu Emanuel menyampaikan proficiat atas kemenangan yang diraih oleh paslon Victory-Joss.

“Saya menyampaikan proficiat atas kemenangan yang sudah diraih oleh paslon Viktory-Joss, dan juga atas partisipasi semua stakeholder yang sudah bekerja keras demi suksesnya pelaksanaan pilgub NTT,” tambahya.

Senada disampaikan Theodorus Luan Saksi paslon Marhaen dan Paulus Tolan, saksi dari paslon Harmoni.

“Terkait partisipasi pemilih, agar terus ditingkatkan agar pemilu menjadi berkualitas,” sebut keduanya.

Sergius Klau saksi paslon Viktory-Joss mewakili ketua tim koalisi pemenangan Paslon Viktory-Joss menyampaikan apresiasi kepada semua stakeholder yang sudah bekerja keras menyukseskan pilgub ntt sehingga pilgub dapat berjalan lancar,aman dan sukses.

Sergius mengajak semua elemen masyarakat untuk tetap bersinergi dan bekerja sama sesuai tupoksi masing-masing.

“Mari kita semua menjaga dan mempertahankan kondisi yang ada sekarang hingga pelaksanaan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden pada 2019 mendatang,” katanya.

Rapat Pleno dipimpin Ketua KPU Malaka, Yeremias C. Kurniawan. Peserta rapat pleno meliputi Kabag Pemerintahan Setda Malaka, Panwas Kabupaten Malaka, PPK, saksi dari empat pasangan calon. Pleno KPU dijaga ketat oleh aparat TNI/Polri.(pisto bere)

Komentar
Click to comment

Most Popular

To Top