HEADLINE

Normalkan Pelayanan e-KTP, Disdukcapil Malaka Upayakan Pengadaan Tinta dan Film

Djemi E. Nahak

BETUN, Kilastimor.com-Keluhan masyarakat Malaka untuk mendapat pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) akan terjawab dalam waktu dekat.

Saat ini, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Malaka, Ferdinandus Rame berangkat ke Jakarta untuk pengadaan tinta ribon dan film yang menjadi keluhan masyarakat selama ini.

Demikian Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Malaka, Djemi E. Nahak saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (3/7/2018).

“Hari ini Pak Kadis berangkat ke Jakarta terkait urusan kekosongan tinta ribon dan film, mudah-mudahan bisa dikomunikasikan dengan orang Ditjen Kependudukan di Jakarta,” bilang dia.

Djemi melanjutkan, jika memang memungkinkan maka dalam perubahan angaran ini bisa didapatkan bahan yang dibutuhkan.¬†Pasalnya, pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran sudah memberikan lampu hijau untuk pengadaan tinta ribon dan filmnya sekitar Rp 500 juta,” jelasnya.

Djemi menambahkan tinta ribon dan film habis stoknya sejak dua bulan yang lalu, sehingga Disdukcapil Malaka sudah upayakan meminjam 2 botol tinta ribon dan film dari Kabupaten TTS. Akan tetapi juga sudah habis terpakai.

Dirinya berharap, keberangkatan kepala dinas ke Jakarta, bisa ada solusinya, agar masyarakat Malaka bisa kembali mengurus e-KTP secara normal.

“Untuk arternatifnya, sementara kita keluarkan surat keterangan aplikasi dan surat keterangan aplikasi itu bagi masyarakat yang sudah rekap di kecamatan. Setelah dicek diservernya ada, maka kita akan keluarkan. Tidak saja itu, hal ini juga berlaku bagi pergantian e-KTP Belu ke e-KTP Malaka,” imbuhnya.

Apabila bagi masyarakat yang belum melakukan perekaman tapi dia membutukan e-KTP, maka akan dibantu dengan cara: Pertama, memberikan KTP sementaranya. kedua bagi yang sudah merekap maka kita keluarkan surat aplikasinya, dan bagi yang sudah melakukan perekaman, tapi belum muncul di server, maka akan dikeluarkan juga KTP sementaranya. (pisto bere)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top