HEADLINE

Unwira Wakili Kopertis VIII dalam Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Nasional. Dekan: Mereka Siap Bertarung

Dr. Damianus Talok MA

KUPANG, Kilastimor.com-Satu lagi prestasi menggembirakan datang dari Universitas Katolik Widya Mandira Kupang (Unwira), khususnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Program Studi Bahasa Inggris.

Tim Prodi Bahasa Inggris Unwira itu keluar sebagai juara dalam lomba National University Debating Championship (NUDC)  tingkat wilayah Kopertis VIII (Bali, NTB, dan NTT) tahun 2018.

NUDC sendiri merupakan perlombaan debat bahasa Inggris yang digelar oleh kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi setiap tahun, per wilayah Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis). Pada tahun ini, NUDC Kopertis VIII telah berlangsung  beberapa hari lalu, tepatnya pada 2-4 Juli 2018 di kampus Stikes Bali Jln. Tukad Balian No. 180, Renon Denpasar.

Informasi yang diperoleh media ini, peserta NUDC tingkat Kopertis VIII berjumlah 48 dimana tim dari NTT yang ikut berpartisipasi adalah tim dari Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Universitas Nusa Cendana, Universitas Kristen Arta Wacana Kupang, Universitas Negeri Timor, Universitas Flores, Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Pendidikan Ruteng dan Universitas Kristen Wira Wacana Sumba.

Alhasil, salah satu tim dari NTT yang akan bertanding mewakili kopertis VIII di Jakarta pada bulan Agustus mendatang adalah tim
Universitas Katolik Widya Mandira Kupang yang keluar sebagai juara harapan satu pada perlombaan tersebut, bersama lima tim lainnya dari kopertis VIII masing-masing Politeknik Negeri Bali, STIKES Bali, Universitas Mataram, IKIP Mataram, dan ISI Denpasar.

Adapun Tim dari Unwira yang tampil  pada NUDC tingkat kopertis dan satu-satunya perguruan tinggi yang mewakili NTT dan Kopertis VIII, pada NUDC tingkat nasional antara lain, Sisilia Gracella Tunga, Dana Nadia Mudin dan Maria Anita Tokan.

Atas prestasi yang ada, dengan gembira Sisilia Gracela Tunga lewat media ini mengucapkan terima kasih kepada semua  pihak yang telah membantu dari persiapan perlombaan hingga akhirnya mendapat juara.

“Terima kasih kepada semua pihak yang dengan caranya masing masing telah membantu,” ungkap Putri kelahiran Kupang 20 Januari 1999 ini.

Selanjutnya Sonia Tunga menjelaskan, dalam kegiatan akademik seperti ini, juara bukan menjadi tujuan akhir melainkan bagaimana mengatasnama lembaganya berusaha tampil maksimal dan terbaik; sebab mengikuti perlombaan tingkat nasional atas nama ribuan mahasiswa itu karena kepercayaan terhadap mereka. Karena itu kepercayaan itu tetap dijaga dengan memberikan yang terbaik.

“Kepercayaan yang diberikan untuk mengatasnamakan unwira tercinta tetap kami jaga dengan memberikan yang terbaik dan puji Tuhan bisa memperoleh hasil yang baik, semua karena campur tangan Tuhan dan dukungan dari semua pihak terlebih khusus bapak ibu tenaga pendidik,” ungkapnya.

Terpisah dari itu, Dekan FKIP Dr.  Damianus Talok MA yang ditemui media di ruang kerjanya, Senin (9/6/2018) mengatakan, prestasi ketiga mahasiswanya merupakan satu kebanggaan tersendiri bagi Unwira, sebab bisa tampil di kancah nasional dan diharapkan memberikan yang terbaik di tingkat nasional pula.

Lanjut, Dr. Dami Talok terkait prestasi yang ada selain dukungan para Dosen dan pihak Unwira, ketiga peserta diatas juga mempunyai talenta bahasa Inggris (Language Attitude) yang kuat.

“Talenta bahasa Inggris ketiga mahasiswa sangat kuat dan sangat menonjol,  Kemudian talenta dasar itu mengalami perubahan ketika berinteraksi dengan dosen baik di ruang kuliah maupun di luar ruang kuliah,” ungkap Dr. Dami.

Terkait kesiapan tim Unwira yang akan bertanding mewakili kopertis VIII di tingkat nasional beberapa bulan kedepan, Dr. Dami yakin bahwa mahasiswanya siap.

“Saya yakin Sonia dan kawan kawan bisa tampil dengan baik di perlombaan selanjutnya,” tuturnya.

Dr. Dami Talok berharap semoga prestasi-prestasi akademik seperti ini tetap dipertahankan dan dikembangkan pula di Unwira. (dinho mali)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top