EKONOMI

RPM Mulai Dirasakan Manfaatnya oleh Petani

Panen bawang di Malaka.

Inilah Bukti Nyata RPM Ada Hasil

BETUN Kiladtimor.com-Petani Bawang Merah yang tergabung dalam Kelomlok Tani Budi Makmur di Desa Laleten-Kecamatan Weliman -Kabupaten Malaka, boleh tersenyum dan bangga karena setelah menanam bawang merah selama 70 hari, bisa melakukan panen pada luas lahan tanam sebanyak 5 hektar yang ditanam anggota kelompok.

Maria Rosina Hoar, salah seorang petani wanita bawang merah pada Kelompok Tani Budi Makmur saat ditemui di Laleten, Rabu (29/8-2018) mengaku sangat senang bisa mendapatkan hasil panen bawang RPM dari 10 are lahan yang dimanfaatkan untuk tanam bawang merah.

“Saya senang bisa dapatkan hasil panen yang sangat baik karena sesuai hasil ubinan bisa mencapai 9,7 ton/ha,” bilangnya.

“Ini sangat luar biasa bagi petani pemula seperti saya. Hanya dalam waktu 70 hari penanaman sudah bisa panen bawang merah hampir 1 ton,” terang dia.

Petani bawang merah lainnya, Fransiska Bano mengatakan sangat senang dengan budidaya bawang merah melalui program RPM usungan Bupati SBS.

“Saya baru menanam 10 are bawang merah untuk pertama kali. Saya senang karena hasil panenannya melimpah,” bilang dia

Dia berharap Program RPM yang diluncurkan Bupati SBS tetap dipertahankan dan lebih diperluas agar bisa membantu petani terutama kaum ibu seperti kami saat ini. (edy sumantri).

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top