HEADLINE

Empat Puskesmas di Malaka akan Diakreditasi

Frida Fahik

BETUN, Kilastimor.com-Empat dari 12 Puskesmas di Malaka masing-masing Puskesmas Kaputu, Fahiluka, Uabau dan Puskesmas Nurobo akan disurvei dan menjalani akreditasi secara serempak oleh Komisi Akreditasi pada 26-28 September.  
“Survei tahap pertama untuk 4 Puskesmas dari 12 Puskesmas yang harus di survey tahun ini,” kata Kadis Kesehatan Kabupaten Malaka, Frida Fahik di Betun, Sabtu (22/9/2018).

Dikatakan, tahun 2017 lalu, telah dilakukan survei akreditasi pada 4 Puskesmas dan semua dinyatakan lulus. Adapun puskesmas itu masing-masing Puskesmas Besikama, Weoe, Betun dan
Puskesmas Namfalus.

Frida Fahik mengatakan tujuan survei akreditasi Puskesmas adalah untuk menilai sistem pelayanan di Puskesmas dan untuk membina fasilitas pelayanan kesehatan yang berkelanjutan.

“Tujuan lainnya untuk memperbaiki sistem pelayanan dan kinerja yang fokus pada kebutuhan masyarakat, Keselamatan dan manajemen risiko,” tambahnya.

Dijelaskannya, survey akreditasi dilakukan oleh Lembaga Independen yang dibentuk dengan SK Menteri Kesehatan dan dikenal dengan nama Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (KAFKTP).

“Setelah akreditasi,
Puskesmas wajib laksanakan rekomendasi Komisi dan Dinkes Kabupaten wajib monitoring berkala ke Puskesmas. (edy sumantri)

Komentar
Click to comment

Most Popular

To Top