HEADLINE

Ini Penilaian Komite Akreditasi atas Puskesmas di Malaka

Paskalia Frida Fahik

BETUN, Kilastimor.com-Kepala Dinas Kesehatan Malaka, drg. Paskalia Frida Fahik, ketika dijumpai kilastimor.com Rabu, 26/9/2018) usai kegiatan mengatakan akreditasi menitikberatkan tiga hal, pertama, administrasi dan manejemen. Kedua surveior akan melihat Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), ketiga akan melihat upaya melihat kesehatan perorangan (UKP).

drg. Frida sapaan akrabnya menjelaskan, survei yang dilakukan oleh surveior ini terkait akreditasi fasilitasi kesehatan tingkat pertama puskesmas,

Ia melanjutkan, di Kabupaten Malaka dilakukan survei di empat Puskesmas, salah satunya puskesmas Fahiluka selain itu Puskesmas Kaputu, Puskesmas Uabau dan Puskesmas Nurobo. Ungkapnya

“Surveiornya dari Komite Akreditasi demi peningkatan status. Beberapa Puskesmas di Kabupaten Malaka, akan segera di akreditasi oleh Lembaga Independen yang dibentuk dengan SK Menteri Kesehatan dan dikenal dengan Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (Komisi Akreditasi FKTP),” jelasnya.

Dirinya menuturkan, Untuk melakukan survei akreditasi ini, disetiap puskesmas disurvei oleh tiga surveior jadi satu surveior itu ia akan melihat bidang administrasi dan manejemen, yang kedua surveior akan melihat UKM, Upaya Kesehatan Masyarakat, dan ketiga akan melihat upaya kesehatan perorangan (UKP).

“Survei ini sementara di proses dalam tiga hari kedepannya dan tim survei akan memotret semua kemudian akan mereka akan dibawa dan untuk kelulusan nantinya akan ditentukan oleh komite yang melakukan survei independen tersebut,” timpalnya. (edy sumantri)

Komentar
Click to comment

Most Popular

To Top