HEADLINE

Nahak: Kades Harus Tanggap dengan Masalah di Desa

Sosialisasi PID bagi perangkat desa di Malaka.

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Kabupaten Malaka melalui Dinas PMD menggelar sosialisasi Program Inovasi Desa di Aula Serbaguna Glori, Desa Wehali Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Sekda Malaka, Zakarias Nahak
saat membacakan sambutan Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran mengemukakan menyimak dan melihat keadaan desa, masih terjadi masalah yang kompleks.

Kepala desa sebutnya, harus kreatif mengali dan mencari permasalahan yang ada di desanya masing-masing dan harus tanggap melihat permasalahan yang ada  seperti mengatasi kekurangan air atau memanfaatkan lahan tidur.

“Kita juga jangan hanya bisa menanam saja, kita harus tahu cara mengolah hasil seperti mengolah pisang menjadi makanan lokal yang disukai dan diminati untuk dijual,” paparnya.

Kepala Dinas PMD, Agustustinus Nahak menjelaskan pihaknya diberi kepercayaan dari pemerintah pusat melakukan Sosialisasi Program Inovasi Desa (PID).

Kegiatan ini lebih menekankan pada inovasi dalam praktek pembangunan dan pertukaran pengetahuan.
Inovasi ini dipetik dari realitas atau hasil kerja desa-desa dalam melaksanakan kegiatan pembangunan yang didayagunakan sebagai pengetahuan, untuk ditularkan secara meluas melalui bursa inovasi desa.

PID ujarnya, hadir sebagai upaya untuk mendorong peningkatan pemanfaatan dana desa yang berkualitas, efektif dan efisien dengan memberikan banyak contoh-contoh inovasi pada proses perencanaan pembangunan desa dan memperkuat peran pendamping dengan referensi-referensi pada proses perencanaan pembangunan desa.

Hadir pada kesempatan itu, Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan perkebunan, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Dinas PUPR, Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Dinas Kominfo, Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM, TP. PKK, Camat se-Kabupaten Malaka, Kepada Desa se Kabupaten Tim Pengelola Inovasi Desa Kabupaten Malaka, Tenaga Ahli, Pendamping Desa dan PLD dan Tim Pengelolah Inovasi Desa. (edy sumantri)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top