EKONOMI

Pariwisata Harus Didukung dengan Kebersihan Lingkungan

Gubernur NTT beri arahan kepada jajaran Pemda Malaka.

BETUN, Kilastimor.com-Pembangunam Pariwisata di Provinsi NTT harus dimulai dengan menjaga kebersihan lingkungan dan kedisiplinan membuang sampah pada tempat yang ditentukan.
Untuk mewujudkan niat diatas, Pemprov NTT mulai tahun ini memprogramkan pengolahan sampah di Provinsi NTT agar bermanfaat bagi rakyat.
Gubernur NTT, Victor Bungtilu Laiskodat saat berkunjung ke daerah tetap mengkampanyekan budaya bersih dengan cara, tidak minum air dari kemasan plastik agar tidak ada sampah plastik yang dibuang sembarangan di daerah yang dikunjungi termasuk saat berkunjung di Kabupaten Malaka hari ini.
Penegasan itu disampaikan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat saat bertatap muka dengan masyarakat di rumah Jabatan Bupati Malaka di Haitimuk, Jumat (14/9/2018) malam.

Dikatakannya, saat berkunjung di Sumba Timur dan Rote dirinya mengatakan membangun Pariwisata itu harus dimulai dari ketertiban dalam membuang sampah.
“Kalau orang membuang sampah dari atas mobil keluar lewat kaca mobil, itu sama saja dengan orang itu masih hidup di zaman batu,” tegasnya.

Manusia modern itu harus membuang sampah pada tempatnya dan sampahnya harus dikelola dengan baik agar bermanfaat bagi kehidupan manusia.
“Kita akan bangun tempat pengolahan sampah untuk mengolah semua sampah di provinsi NTT dan hasil pengolahannya harus bermanfaat bagi rakyat,” sergahnya.

NTT bilang dia, punya sejumlah atraksi budaya yang baik, tetapi tidak ditunjang dengan kebersihan yang memadai maka keindahan itu akan hilang.
“Saya ini gubernur tetapi saat berkunjung di daerah saya tidak minum air dalam kemasan plastik tetapi saya siapkan botol untuk isi air di galon agar saya tidak menciptakan sampah plastik di daerah yang dikunjungi,” imbuhnya.

Pariwisata itu ibarat nona cantik berumur 18 tahun, tetapi jika tidak sikat gigi dan tidak mandi maka tidak ada yang tertarik.
“Kita harus kampanyekan hal itu kepada semua keluarga yang kita jumpai, agar bangun budaya bersih dengan cara membuang sampah pada tempatnya,” tambahnya.

Pantai yang dimiliki Malaka sangat indah sehingga kedepannya harus ditata agar memiliki daya tarik. Gubernur sangat paham tentang pariwisata sehingga hal itu bisa kita lakukan. Namun harus jaga kebersihan agar tetap indah. (edy sumantri)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top