HEADLINE

Rumah Adat Besesu Dilalap Si Jago Merah

Kebakaran rumah adat di Mandeu.

ATAMBUA, Kilastimor.com-Rumah Adat Besesu di Dusun Kotaikun, Desa Mandeu, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu habis terbakar dilahap Si Jago Merah, Jumat (7/9/2018) sekitar pukul 20.45 Wita.

Kejadiannya terjadi saat penjaga rumah adat Besesu, Martha Un (68) dan Siprianus Seran (70) bersama sang cucu, Maria Kapitan (12) sedang berada di dalam rumah adat yang berbentuk rumah panggung.
Karena hari sudah mulai malam, Martha meminta kepada Maria untuk mengecek hewan peliharaan mereka, babi dan kambing yang diikat pada tiang-tiang rumah adat.

Ketika Maria turun untuk memeriksa, betapa kagetnya, ternyata si jago merah telah lahap atap rumah adat yang terbuat dari rumput alang-alang tersebut. Maria pun segera berteriak memberitahukan kejadian itu pada kakek dan neneknya.

Tanpa banyak berpikir lagi, para korban segera berteriak dan meminta bantuan pada warga sekitar. Warga pun dengan sigap langsung berusaha memadamkan api tersebut. Semakin mereka berusaha memadamkan api, api pun kian membesar.

Ada pula beberapa warga yang berusaha menghubungi pihak pemadam kebakaran. Beberapa saat kemudian, pemadam kebakaran tiba di lokasi dan langgsung berusaha memadamkan apinya.

Sayangnya, api telah menghabiskan rumah tersebut. Pihak pemadam kebakaraan hanya mampu berusaha memadamkan api agar tidak merambat ke rumah lainnya. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 22..20 Wita.

Kepala Desa Madeu, Heribertu Luan mentakser kerugian mencapai Rp150.000.000 mengingat biaya pembuatan rumah adat membutuhkan dana yang cukup besar. (richi anyan)

Komentar
Click to comment

Most Popular

To Top