HEADLINE

Sosialisasi 4 Terlalu untuk Hadirkan Keluarga Sejahtera dan Cerdas di Malaka

Sosialisasi Empat Terlalu di Malaka.

BETUN, Kilastimor.com-Dinas Pengendalian Pendusuk, KB dan Pemberdayaan Perempuan serta Perlindungan Anak Kabuapten Malaka menggelar sosialisasi materi 4 terlalu kepada koordinator dan penyuluh lapangan, puskesmas se-Kabupaten Malaka.

Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak guna melahirkan generasi penerus yang sehat, cerdas dan berkualitas.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Malaka,  Yosefina Bete Manek dalam sambutannya ketika membuka kegiatan Sosialisasi Materi 4 Terlalu kepada PLKB dan Koordinator Puskesmas di aula susteran SsPs, Betun, Kamis (18/10/2018) mengatakan, program KB pada awalnya berupaya mengatur kelahiran dalam rangka meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak.

Dalam perkembangannya, program KB ditujukan untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera agar tercapai penduduk indonesia yang berkualitas.

Program KB juga berupaya memberikan hak-hak reproduksi yang merupakan pencerminan salah satu misi program KB nasional, yakni mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas sejak proses pembuahan dalam kandungan sampai usia lanjut serta meningkatkan derajat kualitas ibu, bayi dan anak.

Kebijakan keluarga berencana melalui penyelenggaraan program KB bertujuan untuk menurunkan angka kematian ibu, bayi dan anak dengan cara mencegah kehamilan dengan menggunakan 4 Terlalu yaitu, terlalu muda hamil, banyak hamil dan melahirkan, terlalu dekat hamil dan terlalu tua hamil.

Kualitas kehamilan yang direncanakan dan persalinan yang aman dan pelayanan KB pasca bersalin sangat diperlukan, untuk menghindari hal-hal negatif.

Kebijakan KB juga membantu calon ibu dan pasangan usia subur (PUS) dalam mengambil keputusan dan mewujudkan hak-hak produksinya secara bertanggung jawab, menyangkut usia ideal perkawinan, usia ideal persalinan, jumlah ideal anak, jarak ideal anak, dan penyuluhan tentang kesehatan reproduksi.

Pada kesempatan itu, dia mengajak masyarakat bergandengan tangan, bekerjasama mewujudkan keluarga kecil yang sehat, cerdas, bahagia dan sejahtera. (edy sumantri)

Komentar
Click to comment

Most Popular

To Top