EKONOMI

Pemda Malaka akan Kembangkan Bawang Merah 200 Hektare

Yustinus Nahak

BETUN, Kilastimor.com-Pemkab Malaka melalui Dinas Pertanian akan mengalokasikan anggaran untuk budi daya bawang merah sebanyak 200 hektar.
Saat ini petugas sementara melakukan Verifikasi tanah dan petani di lapangan terkait realisasi program dimaksud.
Demikian disampaikan Kadis, Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Malaka, Yustinus Nahak kepada wartawan di Betun, Rabu (17/10/2018).

Dikatakan, terkait budi daya bawang merah tahun 2019, dinas akan melakukan seleksi terhadap lahan yang digunakan untuk budidaya bawang. Yang jelas tanah berat tidak akan direkomendasikan untuk penanaman bawang.

“Kita beri perhatian khusus
di daerah bantaran sungai karena kelembapan sampai dengan Juni masih bisa untuk melakukan penanaman. Kita akan geser waktu tanam lebih awal sehingga bawangnya tua saat masuk musim panas,” katanya.

Biasanya bilang dia, pengadaan bawang agak lama yang bersumber dari dana APBN. Tetapi pihaknya akan siapkan lahan sehingga penanamannya pada daerah yang gampang akses air untuk penyiramannya.

”Untuk komoditi Kacang hijau kita alokasikan anggaran melalui APBD sebesar 250 ha untuk ditanam pada MT 1 di wilayah gunung, dan di wilayah Fehan akan ditanam pada MT 2,” tambahnya.

Khusus jagung, masyarakat harus forsir tanam di MT 1 karena MT 2.di daerah pegunungan agak sulit karena kekurangan air.

“Masyarakat harus lihat peluang untuk bisa tanam sesuai kondisi musim,” tuntasnya. (edy sumantri)

Komentar
Click to comment

Most Popular

To Top