EKONOMI

Pemda Malaka Perlu Contohi Pelayanan Perizinan di Cimahi

BANDUNG, Kilastimor.com-Pelaksanaan pelayanan publik pada Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat dicontoh.
Selain memiliki komitmen bersama dan iklim kerja yang kondusif dinas itu, juga memiliki Standart Operasional Prosedur (SOP) yang ditaati bersama sebagai acuan kerja.
Setiap tahun Pemkot Cimahi melalui dinas Penanaman modal menggelar even untuk menarik investor guna menanamkan modalnya di Kota Cimahi.

Para ASN yang bertugas pada dinas teknis itu diberi rangsangan yang sepadan dengan target kinerja yang ditetapkan. Alhasil, setiap tahun dinas teknis itu melampau target dan setiap ASN yang terlibat mendapatkan bonus dari kinerjanya paling rendah Rp 2 Juta dan Paling banyak Rp 28 Juta Per orang.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Malaka, Drs. F.X. Yos Un mengatakan hal itu kepada wartawan di Cimahi, Jawa Barat, Minggu (28/10/2018).

Politisi Partai Golkar itu mengatakan dari hasil stuba yang digelar bisa diterapkan di Malaka yang disesuaikan dengan kondisi di Malaka saat ini.

”Dalam sesi tanya jawab saya bertanya kunci keberhasilan dalam melakukan pelayanan dan upaya untuk menarik investor dan mereka mengatakan yang terpenting ada politicall will yang baik dan komitmen bersama dalam menjalankan SOP yang ditetapkan,” katanya.

Didalam pelayanan itu, sebutnya, perlu diciptakan kondisi dan iklim yang kondusif, sehingga usaha itu bisa berjalan sesuai harapan dan keinginan bersama.

”Terhadap petugas yang terlibat langsung didalam proses Perizinan di Cimahi diberikan dorongan dan rangsangan agar bisa bekerja lebih rajin dan semangat,” timpalnya.

Sebagai contoh, setiap ASN yang bertugas mendapatkan hasil terendah perbulan Rp. 2 Juta dan yang tertinggi Rp 19 Juta.
“Itu hanya stimulan untuk motivasi kerja sesuai target dan SOP yang ditetapkan,” bilang dia.

Dinas Pendapatan di Kota Cimahi kerja sesuai SOP dan kenyataannya setiap tahun melampaui target.

”Contoh pada tahun 2018 ini hingga Oktober mereka sudah melampaui target yang ditetapkan dan setiap tahun mereka melampaui target,” katanya.

Menurutnya, banyak hal yang perlu dipetik dan diterapkan di Kabupaten Malaka yang disesuaikan dengan kondisi di Malaka

Di Cimahi, dinas Penanaman modal menangani perizinan sebanyak 61 jenis meliputi 53 jenis dibidang ekonomi dan 8 jenis bidang pembangunan”
Semua perijinan itu di lakukan secara online, gratis melalui pelayanan standard yang sudah ditetapkan dalam SOP. (edy sumantri)

Komentar
Click to comment

Most Popular

To Top