HEADLINE

SBS: Alat Panen Jagung Modern Perlu Dijaga dan Dirawat

Bupati Malaka panen jagung dengan alat pemanen modern.

BETUN, Kilastimor.com-Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran MPH menyaksikan panen jagung menggunakan alat panen modern di Atokama, Desa Bakiruk, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, Kamis (4/10/2018).

Jagung tersebut ditanam oleh Petugas Penyuluh Pertanian (PPL) dan Tenaga Harian Lepas pada Dinas Pertanian, Hortikultura Tanaman Pangan dan Perkebunan Kabupaten Malaka di lahan seluas 1,4 hektare.

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran pada kesempatan itu mengatakan, keberadaan alat panen jagung modern tersebut merupakan hasil dari program RPM. Tanpa program RPM, alat modern tersebut tidak mungkin ada.

Bupati yang kerap disapa SBS itu meminta Dinas Pertanian agar merawat peralatan yang sudah ada; serta memberikan pendampingan kepada operator agar alat yang dimiliki itu bisa dioperasikan.

Kepala Dinas Pertanian, Hortikultura Tanaman Pangan dan Perkebunan Kabupaten Malaka, Yustinus Nahak menjelaskan, alat panen jagung modern merupakan bantuan pemerintah pusat sebanyak empat unit.

Menurut Yustinus, jagung dilahan seluas 1,4 hektare hanya dipanen dalam waktu dua jam. Padahal, jika menggunakan tenaga manusia membutuhkan waktu dua minggu. (edy sumantri)

Komentar
Click to comment

Most Popular

Copyright © 2017 KILASTIMOR.COM

To Top