HEADLINE

Simplex Asa: Utamakan Restorative Justice dalam Penanganan Pengguna Narkoba

ILustrasi Narkoba

KUPANG, Kilastimor.com-Kasus penyalagunaan Narkoba memberikan dampak yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan baik ekonomi, maupun sosial, Hal ini disampaikan oleh Pakar Hukum Pidana, Dr. Simplexius Asa,SH. MH. saat memberikan materi teori dan pemidanaan dalam training of trainer penanganan pecandu dan korban penyalagunaan narkoba terkait hukum kedalam rehabilitasi, Rabu (17/10/18).

Dr. Simplex Asa mengaku, dirinya sudah bergulat dalam penanggulangan norkoba selama belasan tahun.
Simplex menyampaikan, upaya untuk menyelamatkan anak bangsa dari jeratan Narkoba harus dari hati, karena dampaknya sangat kompleks tak hanya dalam kesehatan dan ekonomi semata tetapi dalam hal sosial, hukum dan spritual juga sangat berat dirasakan.

“Penjara tidak bisa memberikan efek jerah kepada penyalaguaan norkoba karena mereka adalah orang yang sakit bahkan mereka juga tidak memikirkan dirinya sendiri. Kalau kita memenjarakan mereka itu adalah suatu langkah yang perlu diperhatikan oleh pemerintah, maka salah satu jalan adalah menggunakan pendekatan agar rehabilitasinya bisa mengurangi dampak-dampak,” ungkap Simplex.

Dr. Simplex juga menyampaikan bahwa disertasinya yang berjudul menata kerangka restorative justice dan diversi terhadap victimless crime (studi terhadap tindak pidana penyalagunaan narkotika) ia menyoroti tentang pentingnya restorative justice. Restorative justice adalah falsafah pemidanaan sekaligus pendekatan penyelesaian tindak pidana.

Pendekatan restorative justice (RJ)juga sesuai untuk diterapkan dalam kasus penyalagunaan narkoba, karena selaras dengan salah satu pemidanaan yang telah dirumuskan dalam rancangan KUHP nasional bahwa pemidanaan untuk menyelesaikan konflik.

Menurut restorative justice merupakan keadilan yang memulikan.penyalagunaan narkoba itu harus diobati karena victimless.
Simplex juga menyampaikan bahwa penyalagunaan narkoba tidak hanya merugikan diri sendiri tetapi juga merugikan orang disekitarnya karena itu dengan filosofi RJ juga bisa memjadi sala satu solusi.

Maka penyalaguaan norkoba harus dikembalikan ke masyarakat untuk dibina kembali, dikasihi dan dipulikan disinilah aspek kegotong royongan akan timbul karena disitulah letak filosofis Rj. (sani asa)

Komentar
Click to comment

Most Popular

To Top