HEADLINE

Bupati Belu: Kami Siap Dukung Keberadaan Kampus II Unimor di Atambua

Bupati Belu serahkan NPHD kepada Rektor Unimor.

ATAMBUA, Kilastimor.com-Bupati Belu Wilybrodus Lay, SH dan Rektor Universitas Timor (Unimor) Prof. Dr. Sirilus Seran, SE, ME melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NHPD) Keuangan dari Pemerintah Kabupaten Belu kepada Universitas Timor khususnya Prodi Keperawatan, Kampus II Unimor, Atambua, Belu.
Penandatanganan NHPD berlangsung di ruang kerja Bupati Belu, Jumat, (7/9/2018) lalu.

Turut menyaksikan penandatanganan NPHD , Wakil Bupati Belu, Sekda Belu, Wakil Rektor 1 Unimor, Kepala Biro Administrasi Umum Unimor, Dekan Faperta Unimor dan Kepala Prodi Keperawatan Kampus II Unimor Atambua dan Sekretaris BPKAD Kabupaten Belu.

Rektor Unimor, Prof. Sirilus Seran mengemukakan, Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah Keuangan sangat penting bagi pengembangan sumber daya manusia di Unimor, khususnya Program Studi Keperawatan Kampus II Unimor Atambua.

“Perjanjian yang kita tandatangani ini adalah wujud kebaikan hati dari Bupati, Wakil Bupati dan seluruh jajaran, ketika program studi keperawatan resmi menjadi bagian dari Universitas Timor. Perwujudan perjanjian ini adalah bagian dari tanggung jawab Pemda kepada Program Studi Keperawatan,” ungkap Sirilius Seran.

Sambung Sirilius, penantanganan NPHD dapat memperlancar segala aktivitas civitas akademika Kampus Unimor Program Studi Keperawatan. “Kita berharap, melalui penandatanganan perjanjian ini, segalanya akan menjadi lebih lancar. Terkait status sumber daya yang ada, kita akan diskusikan bersama untuk mencari solusi sehingga teman-teman yang masuk dalam status teko ini juga mendapat kejelasan terhadap status mereka,” ujarnya.

Disampaikan pula, Program Studi Keperawatan harus dilihat eksistensinya dalam rencana jangka panjang untuk pengembangannya.

“Sudah beberapa kali digelar pertemuan dengan Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Belu. Saya kira, untuk pengembangan Prodi keperawatan ke depan akan menjadi kesepakatan bersama. Kesepakatan ke depan akan menjadi mudah untuk mengembangkan Prodi Keperawatan ke fakultas-fakultas yang lain. Tidak menutup kemungkinan, ada Fakultas Kedokteran. Untuk sampai ke sana, kita harus mulai dari sekarang, kita tidak lagi menunggu 5 atau 10 tahun yang akan datang, baru kita tergesa-gesa,” tukasnya.

Bupati Belu, Willybrodus Lay mengemukakan, NPHD sudah final antara Pemda Belu dan Unimor.
“Penandatanganan telah selesai, dengan harapan serah terima ini Universitas Timor dapat mengelola dan menjaga aset tersebut dengan baik,” ungkap Bupati Belu Willybrodus Lay, SH.

Bupati Willy menjelaskan, proses serah terima hibah daerah berjalan sesuai dengan rencana. Pemerintah Kabupaten Belu siap membantu pihak Universitas Timor dalam pengembangan sumber daya manusia di Kampus 2 Unimor Atambua.

“Serah terima yang dilakukan hari ini merupakan proses yang sudah dilalui. Ada sejumlah perencanaan yang belum dilakukan, termasuk pembiayaan dan lain sebagainya. Kita siap membantu, sehingga biaya operasionalnya dapat berjalan sesuai dengan yang sudah direncanakan oleh Pemerintah Kabupaten Belu. Perjanjian hibah hari ini dibuat, termasuk hibah aset dan anggaran,” ujarnya.

Bupati Belu juga mengharapkan agar pertanggungjawaban pemanfaatan aset maupun keuangan dapat disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Belu sebelum 31 Desember.

“Terkait persoalan tenaga kontrak daerah yang saat ini diperbantukan di program studi keperawatan menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Belu. Untuk tenaga kontrak, saya ingin profesionalisme harus kita tegakkan. Jadi jangan sampai kita membayar orang tidak sesuai dengan peruntukkannya di Unimor. Untuk tenaga kontrak yang ada, bisa berjalan sampai dengan bulan Desember. Setelah Desember, Unimor bisa melakukan uji kompetensi sesuai dengan kebutuhan yang ada. Kami menghormati keputusan-keputusan yang diambil oleh Unimor,” jelasnya.

Menyinggung 11 tenaga komite, Bupati Belu mengatakan akan didiskusikan lebih lanjut sehingga dapat mencari solusi untuk kebaikan bersama.

Sementara untuk pengembangan jangka panjang Universitas Timor di Kabupaten Belu, Pihak Universitas dapat menyampaikan rencana Program ke depan sehingga Pemerintah Daerah bisa membantu menyiapkan lahan untuk pengembangan ke depan.

“Selain rencana pengembangan Prodi Keperawatan menjadi Kedokteran, kami juga mengharapkan kepada pihak universitas untuk mengembangkanan Prodi Teknik Sipil dan Arsitek di Kampus II Unimor Atambua. Kedua jurusan teknik ini sangat mendesak dan dibutuhkan,” tandasnya. (pkpsetdakabupatenbelu/adv)

Komentar
Click to comment

Most Popular

To Top