HEADLINE

Dinas PMD dan Inspektorat Diminta Awasi Secara Ketat Pelaksanaan Dana Desa di Malaka

Stefanus Bria Seran

BETUN, Kilastimor.com-Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran menegaskan agar penggunaan dana desa tidak sekedar membangun jalan. Pembangunan infrastruktur seperti jalan harus dikoordinasikan dengan Dinas Pekerjaan Umum agar infrastruktur yang dikerjakan itu tepat sasaran dan sesuai kebutuhan masyarakat.

Penegasan tersebut disampaikan Bupati Malaka dalam arahanya saat kegiatan Bursa Inovasi Desa dan Rapat Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ke II tingkat Kabupaten Malaka di Glori Hall, Betun, Kamis (8/11/2018).

Lanjut Bupati SBS, kepala desa tidak sekedar membangun jalan tetapi harus sesuai kebutuhan masyarakat desa.
“Kepala desa jangan asal bangun jalan. Lihat pasir dan batu di situ kamu bangun jalan. Jalan yang tidak tahu kemana arahnya dibangun. Biar dipandang sedanh bangun,” tegasnya.

Terkait dengan penggunaan dana desa yang terkadang tidak sesuai kebutuhan masyarakat, Bupati berjanji akan melakukan pemantauan langsung ke setiap desa. Jika sebelumnya, Bupati hanya menggambil secara acak, namun untuk tahun 2019 akan dicek ke setiap desa di Malaka.

Bupati meminta Dinas PMD Kabupaten Malaka untuk melakukan pengawasan lebih ketat lagi, soal perencanaan pembangunan infrastruktur di desa. 

Diharapkan PMD mengarahkan para kepala desa untuk merencanakan pembangunan yang benar-benar masyarakat butuhkan seperti bangun bak penampung air, sehingga saat musim kemarau, mobil tangki yang mendistribusikan air ke desa ditampung dalam bak umum. 

Selain Dinas PMD, bupati juga menegaskan kepada inspektorat untuk melakukan pengawasan. Apabila ditemukan indikasi segera ditangani.

“Sepertinya harus ada yang masuk penjara dulu supaya ada efek jerah. Dulu kurang tegas, sekarang harus tegas. Ini juga bagian dari inovasi,” kata Bupati Stef sambil melempar senyum. (edy sumantri)

Komentar
Click to comment

Most Popular

To Top