EKONOMI

Kades se-Malaka Tengah Studi Banding di Desa Kohod

Serafin Pires

BETUN, Kilastimor.com-Sebanyak 17 Kepala Desa se-Kecamatan Malaka Tengah melakukan studi banding (Stuba) ke Desa Kohod, Tangerang, Banten.

Stuba itu untuk melihat produksi dan pemasaran komoditi seperti padi sawah, jagung dan ternak serta pengelolaan Bumdes, terhitung Selasa 6 November hingga Kamis 8 November 2018.

Desa Kohod juga dipilih karena merupakan salah satu desa yang didampingi OASE (Organisasi Aksi Solidaritas Era) Kabinet Jokowi-JK.

“Kami memilih Desa Kohod karena sebagai Kampung Sejahtera yang merupakan program yang diinisiasi oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja yang menggandeng lintas kementerian, lembaga, instansi, dan didukung pemerintah daerah,” ujar Sekretaris Camat Malaka Tengah, Serafin Pires ketika tiba di Jakarta, Senin (5/11).

Serafin Pires mengatakan, melalui dukungan OASE, salah satu desa di Malaka Tengah yakni Barada dipilih sebagai desa dampingan.

“Makanya kita datang belajar di sini, di Desa Kohod untuk bisa diterapkan di Malaka seperti soal penyediaan sejumlah infrastruktur dasar dan fasilitas sosial yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, seperti air bersih melalui pembangunan sumur air bersih dan sumur resapan, jalan poros dan jalan lingkungan, dan rumah sehat berupa Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA),” ujarnya lagi.

Selanjutnya, masih menurut Pires, akan juga dilakukan Kaji Banding soal pertanian untuk mendukung program prioritas Revolusi Pertanian Malaka di bawah kepemimpinan Bupati Malaka Stefanus Bria Seran.

“Stuba Banding ini juga sebagai dukungan penuh para Kepala Desa terhadap Program Revolusi Pertanian Malaka yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Sehingga dengan melihat daerah lain yang sudah maju, kita bisa terapkan di Malaka yang rata-rata kehidupan masyarakatnya bergantung pada pertanian,” ujarnya lagi.

Bertindak sebagai Ketua Tim dalam Kaji Banding ini Yanuarius Bria Seran, Kepala Badan Perijinan Satu Atap dan pendampingnya antara lain Yustinus Nahak Kadis Pertanian, Kabid TTG Dinas PMD Malaka. (edy sumantri)

Komentar
Click to comment

Most Popular

To Top