HEADLINE

Operasi Zebra, Puluhan Kendaraan di Malaka Terjaring

Kasat Lantas pose bersama jajarannya dan POM Atambua.

BETUN, Kilastimor.com-Puluhan kendaraan roda dua di Kabupaten Malaka terjaring operasi zebra Satuan Lalulintas Polres Belu, di Betun dan sekitarnya, Sabtu (3/11/2018).

Pantauan kilsstimor.com, Satlantas Polres Belu mengerahkan belasan anggota lantas untuk melakukan operasi zebra di wilayah Kabupaten Malaka.

Operasi dipimpin langsung Kasat Lantas Polres Belu, AKP Harman Sitorus. Hadir juga KBO Lantas Polres Belu, Ipda Matherinus Klau dan anggota Polisi Militer (PM) Atambua.

Operasi dilakukan di beberapa titik seputaran Betun dan wilayah sekitarnya, seperti Besikama dan Weoe. Dalam operasi tersebut, puluhan sepeda motor terjaring dan langsung dibawa ke Mapolsek Malaka Tengah.

Kasat Lantas Polres Belu, AKP Harman Sitorus kepada kilsstimor mengatakan, dari Satlantas Polres Belu melaksanakan Operasi Zebra Turangga selama dua minggu sejak, Selasa 30 Oktober sampai dengan 12 November 2018.

Operasi Zebra dilaksanakan dalam rangka cipta kondisi jelang Natal tahun 2018 dan tahun baru 2019. Tujuan operasi adalah menekan angka kecelakaan lalulintas dan mengurangi pelanggaran.

Sasaran operasi adalah pengemudi kendaraan yang tidak menggunakan helm, surat-surat kendaraan tidak lengkap, melawan arus, pengemudi di bawah usia serta kendaraan roda empat dan enam yang melebihi muatan.

Menurut Harman, hasil operasi hari pertama menunjukan, pelanggaran yang paling ditemukan secara kasat mata adalah pengemudi tidak menggunakan helm.

Operasi ini akan dilaksanakan selama dua pekan dan lokasi operasi dipilih secara acak baik di wilayah Kabupaten Malaka maupun di Kabupaten Belu.

Harman menghimbau kepada masyarakat Malaka khususnya pengemudi kendaraan agar mematuhi aturan berlalulintas sehingga dapat menekan angka kecelakaan.

Beberapa pengemudi kendaraan yang ditemui wartawan mengaku, pasrah setelah kendaraannya ditilang. Pasalnya mereka tidak menggunakan helm saat berkendara. Mereka siap menerima konsekwensi atas pelanggaran yang telah mereka lakukan. (edy sumantri) 

Komentar
Click to comment

Most Popular

To Top