EKONOMI

Wagub: Dana Desa Harus Tepat Sasaran

Wagub NTT disambut penari.

KUPANG, Kilastimor.com-Wakil Gubernur Nusa tenggara Timur (NTT), Josef Nae Soi membuka kegiatan seminar nasional akuntansi sektor publik.

Dia mengemukakan dana desa yang dikuncurkan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah khususnya NTT sebesar 7,4 triliun. Karena itu dia berharap dana desa tersebut harus dimamfaatkan secara baik dan benar.

“7,4 triliun itu angka yang cukup fantastis maka pemanfaatannya harus tepat sasaran karena jumlah anggaran tersebut merupakan akumulasi dari kuncur anggaran yang tiap tahunnya meningkat,” ungkap Jos Nae Soe, Jumat (2/11/2018).

Dia mengingatkan kepada semua kepala desa bahwa dalam pemanfaatan dana desa itu bukan kuasanya kepala desa, melainkan musyawarah desa dalam artian bahwa musyawarah desa itu adalah, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh perempuan yang berkecimpun dalam wilaya desa tersebut.

Josef juga mengingatkan agar dana desa digunakan untuk mengatasi kemiskinan, ketimpangan di desa, mengembangkan ekonomi produktif dan menggerakan industri-industri di desa. “Saya mengajak para mahasiswa kususnya masiswa akuntansi agar bisa mampu memberi solusi dan saran kepada semua elemen masyarakat,” harap wagub.

Josef juga menyampaikan bahwa garda terdepan negara ini adalah desa. Ada adigium lama yang mengatakan bahwa desa makmur, negara kaya. Akan tetapi belakangan ini sebaliknya yakni desa melarat, negara bingun.

Sementara Direktur Politeknik Negeri Kupang, Nonce Farida Tuati, SE, M. Si menyampaikan banyak terima kasih kepada Wagub NTT yang sudah meluangkan waktu untuk memberikan pemahaman dan materi kepada anak-anak kami sekaligus membuka kegiatan seminar nasional ini.

Nonce menilai, program dana desa sudah cukup bagus dalam hal pemamfaatannya sehingga kalau kita lihat desa-desa semakin maju karena fasilitas, sarana prasarana semakin bagus, ini menunjukan bahwa dana desa dimanfaatkan secara benar.

Nonce berharap kiranya dengan adanya seminar hari ini bisa mendapat ilmu baru sehingga dana desa dimamfaatkan bisa sesuai dengan harapan dan aturan yang ada.( Sani Asa).

Komentar
Click to comment

Most Popular

To Top