Bronjong Naimana Hindarkan Empat Desa dari Terjangan Banjir Benenain – KILASTIMOR.com
HEADLINE

Bronjong Naimana Hindarkan Empat Desa dari Terjangan Banjir Benenain

Bronjong di Desa Naimana yang sedang dikerjakan.

BETUN, Kilastimor.com-Pengerjaan bronjong di Naimana, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka sangat bernilai strategis. Pasalnya, bronjong itu dapat menyelamatkan dan melindungi warga empat desa dari terjangan banjir Sungai Benenain.
Keempat desa yang mendapatkan manfaat dari pembangunan bronjong itu masing-masing Desa Naimana, Fahiluka, Railor dan Desa Lawalu.

Pengerjaan proyek utu hampir tuntas dan akan selesai dalam Desember tahun ini. Kadis PUPR Kabupaten Malaka, Yohanes Nahak, mengatakan itu, Rabu (5/12/2018).

Dijelaskan, pengerjaan bronjong di Desa Naimana sepanjang 600 meter itu merupakan program unggulan Bupati Malaka dibidang pembangunan infrastruktur dan pengairan. Dengan harapan bisa menyelamatkan warga dan aset-aset pemerintah dari terjangan banjir.

“Sesuai arahan Bupati, kita dari dinas teknis mendesign sesuai kondisi riil di lapangan baru dibangun. Bronjong itu dibangun sesuai perencanaan yang dibuat,” sebutnya.

“Pengerjaan bronjong itu menghabiskan anggaran sebesar Rp 6,5 miliar dengan sistem multi years selama tiga tahun. Regulasinya memungkinkan untuk itu,” katanya.

Ditambahkan, tinggi bronjong yang dikerjakan 4,5 meter dan secara teknis sudah diperhitungkan sehingga banjir tidak meluap nantinya,” paparnya. (edy sumantri)

Komentar
Click to comment

Most Popular

To Top