Mental Masyarakat Picu Kemiskinan di Malaka – KILASTIMOR.com
EKONOMI

Mental Masyarakat Picu Kemiskinan di Malaka

Silvester Leto

BETUN, Kilastimor.com-Pemda Malaka terus mengambil langkah-langkah strategis untuk mengatasi kemiskinan. Terbaru BAPPEDA Malaka menggelar Rapat Koodinasi Penanggulangi Kemiskinan Daerah (TKPKD) Tahun 2018, di Aula Susteran SsPs, Betun, Rabu (19/12/2018).

Asisten I Sekda Malaka, Zakarias Nahak dan Asisten II, Silvester Leto hadir sebagai pemateri.

Keduanya menjelaskan hal-hal yang paling mendasar mengakibatkan kemiskinan adalah mental masyarakat sendiri, sehingga membuat gairah menjadi lemah dan memicu pada etos kerja yang rendah.

Selain itu, ada beberapa faktor yang menyebabkan kemiskinan diantaranya, beban kependudukan, kegagalan pemenuhan hak dasar dan kesenjangan wilayah.

”Paling mendasar mengakibatkan kemiskinan kita adalah mental kita sendiri, sehingga yang membuat gairah kita lemah, dan memicu pada etos kerja kita yang rendah,” ujar keduanya senada.

Untuk mengatasi kemiskinan di Kabupaten Malaka, lanjut mereka Revolusi Pertanian Malaka (RPM) sebagai salah satu upaya dan solusi mengatasi kemiskinan di Kabupaten Malaka.

Keduanya mengajak masyarakat untuk sama-sama bekerja sehingga Program RPM bisa mengatasi angka kemiskinan yang ada di Kabupaten Malaka.

“Silahkan bekerja, kita mempunyai pemerintah yang memprioritaskan pembangunan melalui RPM,” ujar Zakarias Nahak.

Jika mental kerja masyarakat dirubah, otomatis label miskin yang melekat akan hilang dengan sendirinya.
Malaka ujarnya keduanya, jika dibilang miskin tidak juga, dibandingkan dengan daerah lain. Pasalnya lahan di Malaka lahan yang subur, tinggal masyarakat siapkan mental kerja agar bisa mengolah lahan yang ada. Kurangnya daya saing meyebabkan masyarakat acuh tak acuh.

“Kita harus berterimakasih kepada Bapak Bupati Malaka Stefanus Bria Seran karena dengan program RPM ini, kita dapat membangun ekonomi daerah kita sendiri,” tuntas keduanya. (edy sumantri)

Komentar
Click to comment

Most Popular

To Top