Petani Kobalima Terbanyak Terapkan Pola Tanam Double Track – KILASTIMOR.com
EKONOMI

Petani Kobalima Terbanyak Terapkan Pola Tanam Double Track

Herry Kotta

BETUN, Kilastimor.com-Penanaman jagung dengan pola double track terbanyak dilakukan oleh petani Kecamatan Kobalima.
Camat Kobalima, Frans Teti mengatakan hal itu ketika ditemui di lahan jagung Desa Litamali, Jumat (25/1).

Dia menjelaskan, dari seluruh lahan yang dibalik traktor RPM seluas 400 hektare, petani yang tanam yang gunakan pola double track sebesar 95 persen di seluruh wilayah Kobalima. “Saya turun langsung ke lapangan memantau proses penanaman sehingga realisasi penanaman dengan pola double track terlampaui,” paparnya.

Dia menghimbau masyarakat petani menggunakan teknik terbaru yang sudah dikaji dan hasilnya lebih baik. Pemerintah menganjurkan untuk menggunakan teknik ini. “Ketika kita menerapkan teknologi dan hasilnya pasti lebih baik. Semua akan berpengaruh pada pendapatan dan kesejahteraan petani,” kata Camat Teti.

Terpisah, Ketua Tim Pakar RPM, Dr. Herry Kotta menyampaikan, tim pakar melakukan monitoring pertanaman jagung dengan tata tanam double track pada beberapa lokasi kecamatan dan desa untuk melihat secara langsung implementasi teknik tanam jagung double track yang sudah disosialisasikan oleh tim pakar.

“Kami sudah cek langsung di lapangan, ada yang menerapkan double track sesuai anjuran, ada yang belum. Tapi tidak apa, karena ini adalah proses adopsi yang membutuhkan waktu. Kemajuan yang banyak dibuat petani adalah sudah berbaris, jumlah biji per lubang sudah satu dua biji. Jarak tanam antar dan dalam baris serta membuat lorong yang belum semua menerapkan,” jelas Herry.

Dr. Herry menjelaskan dari semua lokasi yang kami kunjungi dan laporan dari PPL, Kecamatan Kobalima terbanyak yang menerapkan tata tanam double track. Diharapkan kecamatan dan desa yang lain juga dapat memperluas penerapan tata tanam jagung double track. (edy sumantri)

Komentar
Click to comment

Most Popular

To Top