PKK NTT akan Bina Kampung KB jadi Desa Model – KILASTIMOR.com
HEADLINE

PKK NTT akan Bina Kampung KB jadi Desa Model

KUPANG, Kilastimor.com-Hakekat pembangunan nasional merupakan pembangunan manusia seutuhnya dan pembangunan masyarakat seluruhnya, yang akan terwujud apabila kesejateraan keluarga dan masyarakat dapat dicapai dengan baik. Untuk mewujudkan kesejateraan keluarga dan masyarakat maka perlu dilakukan pemberdayaan masyarakat melalui gerakan pemberdayaan dan kesejateraan keluarga yang selanjutnya disebut PKK.
Berdasarkan data yang dimuat dalam arah kebijakan dan strategi pembangunan 2019-2023 pada tahun 2017, angka indeks pembangunan manusia (IPM) NTT masih 63,7 persen, angka prevalensi balita stunting sebesar 40,30 persen tertinggi secara nasional.

Dalam menjawab berbagai permasalahan di Provinsi NTT dan dalam rangka mendukung kebijakan pembangunan Gubernur NTT tahun 2019-20123, PKK Provinsi NTT bersama BKKBN Perwakilan NTT, Kamis (24/1/2019) di ruangan rapat kantor PKK Provinsi NTT melakukan pertemuan sinergitas antara rencana program desa model yang akan dibina oleh PKK dengan program kampung KB.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi NTT, Marianus Mau Kuru, SE, MPH mengatakan bahwa terdapat 613 kampung KB yang dibentuk sejak tahun 2016-2018 yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di NTT. “Kami punya data lengkap (nama dan alamat) yang sudah bisa akses di website kampung KB. Harapan kami agar desa model yang akan dibentuk dan dibina oleh PKK dapat diambil salah satu kampung KB dari setiap kabupaten/kota yang dibentuk oleh BKKBN NTT. Kami juga telah bersurat ke-22 kabupaten kota untuk menanam kelor (moringa oleifera) di semua kampung KB dalam upaya meningkatkan gizi keluarga,” tambah Marianus.

Ketua TP. PKK Ny. Julie Sutrisno dalam arahannya menyampaikan tujuan dibentuk desa model di Provinsi NTT untuk meningkatkan kesejateraan masyarakat di desa-desa maka itu PKK mengajak semua sektor terkait untuk melakukan sinergi kegiatan bersama. BKKBN NTT merupakan instansi pertama yang diundang pertama untuk melakukan pertemuan bersama PKK “Kami PKK kekurangan ilmu. Saya mengundang khusus BKKBN untuk berbagi ilmu dengan PKK sebagai bekal untuk kami bawa sampai ke desa-desa. Setelah mendengar paparan kepala perwakilan BKKBN NTT, maka saya putuskan desa model yang akan dibina oleh PKK di ambil dari kampung KB yang telah dibentuk oleh BKKBN NTT, sehingga sektor lain mengikuti apa yang sudah dilakukan oleh BKKBN,” ungkap Ny. Julie.
Hadir dalam kesempatan itu yakni wakil ketua TP PKK NTT seluruh anggota TP PKK eselon III dan IV perwakilan BKKBN NTT. (Humas BKKBN NTT/sani asa)

Komentar
Click to comment

Most Popular

To Top