RAGAM

AS Pasok Senjata Canggih ke Arab Saudi

ADEN, KilasTimor.com–Pergolakan di Yaman yang sudah merenggut sekitar 560 nyawa, tampaknya bakal makin ngeri.

Rabu (8/4) Amerika Serikat (AS) menyatakan komitmennya kepada Arab Saudi untuk memasok senjata selama pasukan koalisi memerangi militan Houthi di republik paling selatan Semenanjung Arab tersebut.

“Saudi telah mengirimkan sinyal yang sangat tegas kepada (pemberontak) Houthi dan para sekutunya bahwa mereka tidak akan pernah bisa menguasai Yaman lewat jalur kekerasan,” ungkap Wakil Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dalam jumpa pers di Kota Riyadh, Saudi, Selasa malam waktu setempat (7/4). Karena itu, Washington bakal meningkatkan dukungannya terhadap Saudi.

Selain informasi intelijen, AS memasok senjata untuk pasukan Saudi dan koalisinya. Mulai pekan ini, pemerintahan Presiden Barack Obama akan meningkatkan jumlah pasokan senjata untuk Saudi.

Mereka juga tidak akan membatasi informasi intelijen tentang Houthi atau militan lainnya terhadap Saudi. ’’Kami mempercepat pengiriman senjata untuk mendukung aksi koalisi,’’ tegas Blinken.

Selasa lalu Blinken bertemu dengan Menteri Pertahanan Mohammed bin Salman dan beberapa pejabat pertahanan Saudi yang lain. Dalam pertemuan itu, AS dan Saudi sepakat untuk meningkatkan kerja sama intelijen serta militer di Yaman. (net)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top