RAGAM

Bupati TTU: PT. Elgary Kantongi Izin Resmi

 

KEFAMENANU, KilasTimor.com-Penolakan tambang di desa Oinbit, Kecamatan Insana mendapat perhatian dari Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes. Bupati Ray Fernandes sapaan akrabnya menjelaskan, PT. Elgary mengantongi dokumen dan izin resmi, mulai dari tahapan awal sosialisasi, dokumen AMDAL, hingga penerbitan Izin Operasi produksi. Karena mengantongi izin resmi, keberadaan perusahaan itu tidak perlu dipermasalahkan.
Menurut Ray Fernandes, penerbitan dokumen izin penambangan, setelah perusahaan memenuhi kewajibannya, sehingga bila ada warga yang merasa keberatan dipersilahkan untuk menempuh jalur hukum.
“Persyaratan dokumen izinnya sudah lengkap termasuk dokumen Amdal. Sehingga kalau ada kelompok warga yang tidak setuju, silahkan tempuh jalur hukum saja,” pinta Fernandes.
Bupati TTU itu juga, meminta PT. Elgary untuk memenuhi kewajibannya seperti penyelesaian adat kepada suku Taisbenu, yang belum kebagian haknya, setelah dipenuhi hak suku lainnya oleh perusahaan. Bukan hanya itu ungkapnya, Perusahaan juga wajib melakukan reklamasi diarea tambang, yang sudah di dieksploitasi, sebelum berpindah ke lokasi lain.
Sebelumnya diberitakan warga dari tiga suku Ataupah, Naikofi dan Taesbenu di Desa Oinbit, Kecamatan Insana, terus melakukan aksi protes turun ke jalan. Massa mendesak pemerintah untuk menghentikan aktivitas pertambangan mangan PT. Elgary Resources Indonesia, yang sudah beroperasi sejak tahun 2010 lalu.
Kehadiran perusahaan itu, menurut warga dinilai merugikan masyarakat setempat, karena lokasi tambang seluas 1.623 hektare diklaim perusahaan, tanpa persetujuan warga pemilik lahan. Apalagi, wilayah tambang yang ada, titik koordinatnya merambah hingga ke fasilitas umum seperti SD Besi, pemukiman rumah warga di dusun VI, Desa Oinbit. (joe)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top