EKONOMI

DKP Belu Kembangkan Budidaya Ikan Air Tawar

 

ATAMBUA, KilasTimor.com-Pengembangan ikan air tawar terus dilakukan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Belu. Pada tahun ini, akan dikembangkan 1.000 benih ikan, dan disebar ke 12 desa, yang memiliki kelompok tani pengembangan ikan air tawar.
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Belu, Stef Supardji menyampaikan hal itu di Atambua, ketika ditemui Kilas Timor.com, belum lama ini.
Menurut Supardji, potensi budidaya ikan air tawar di Belu, sebagai wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste, sangatlah besar. “Dibandingkan ikan air payau, potensinya potensi ikan air tawar lebih besar. Hal ini terjadi karena terbatasanya tambak. Bibit ikan yang sudah kita tebarkan ke kelompok yakni, nener ikan nilam dan karpel,” sebut dia.
Dijelaskan, pengembangan budidaya ikan air tawar merupakan salah satu program pemerintah pusat tahun 2015. Yang mana, budidaya tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. “Kita punya potensi budidaya ikan air tawarnya yang baik. Dan kita akan terus kembangkan ke kelompok tani yang lainnya. Kedepan akan kita bagikan bibit ikan lele dan bandeng,” ucap Supardji.
Dia mengemukakan, pihak DKP Belu, terus melakukan pendampingan dengan memberikan penyuluhan bagi kelompok binaan air tawar yang telah ada. Sehingga kebiasan kelompok yang menjual hasil ikannya sebelum usia panen tidak terjadi.
“Kita terus mengawasi kelompok karena itu penting. Dan, kelompok yang ada harus aktif selalu, terus berjalan, sehingga budidaya ikannya berhasil,” harap Supardji. (Yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top