EKONOMI

Jatim dan Kukar yang Siap Hadapi Pasar Bebas

JAKARTA, KilasTimor.com-Pasar bebas Asia Tenggara atau Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) akan diberlakukan akhir 2015 nanti. Namun, Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Negara (STIA LAN) Jakarta Makdhum Priatno menilai, Indonesia belum siap menghadapinya.

“Thailand sudah mempersiapkan negaranya sejak 2010 menghadapi MEA. Indonesia baru mengeluarkan Perpres tentang persiapan menghadapi MEA pada September 2014,” kata Makdhum, Senin (20/4).

Dia mencatat, provinsi yang siap menghadapi MEA baru Jawa Timur. Sedangkan provinsi lain seperti Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Bali baru pada tahap persiapan. Itupun yang dilakukan hanya diskusi serta persiapan kebijakan.

“Data tingkat kabupaten hanya Kutai Kertanegara (Kukar) satu-satunya yang telah menyiapkan diri. Di tingkat kota belum ada satupun yang tercatat siap hadapi MEA,” tambah Makdhum.

Makdhum meminta pemerintah menetapkan kebijakan dan standar menjadi poin penting jika ingin bersaing dengan negara Asean lainnya. Jangan sampai warisan leluhur bangsa diakui negara negara lain karena tidak adanya standar. (net)

Baca Juga :   Simpanan Anggota Kopdit Pintu Air Cabang Betun Capai Rp. 3.570.940.000
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top