RAGAM

Kekeringan, Satu Juta Rumah di Taiwan Dijatahi Air Bersih

TAIWAN, KilasTimor.com-Pemerintah Taiwan mulai menjatah pasokan air kepada sedikitnya satu juta rumah di tengah kondisi kekeringan terburuk dalam beberapa tahun terakhir.

Menggunakan skema penghematan, pasokan air ke rumah-rumah akan diputus selama dua hari dalam satu minggu. Pemutusan dilakukan secara bergilir di beberapa area di bagian utara, seperti New Taipei City, Kota Taoyuan, dan Distrik Hsinchu.

Kekeringan di Taiwan, menurut pemerintah, disebabkan oleh penurunan curah hujan. Akibat hal ini, taraf air di sejumlah waduk jauh di bawah kapasitas. Taraf air di Waduk Shihmen, misalnya, tinggal 24,56% dari kapasitas sesungguhnya. Jumlah itu ialah yang terendah sejak 1964.

“Situasi pasokan air sangat mendesak mengingat curah hujan di Taiwan mencapai tingkat terendah pada musim gugur dan musim dingin lalu sejak 1947 silam. Hujan deras mungkin tertunda atau bahkan tidak ada sama sekali kami mendesak publik untuk bekerja sama selama masa sulit ini,” sebut pernyataan Kementerian Ekonomi Taiwan. (net)

Baca Juga :   Ans Taolin: Penegakan Hukum Pembalakan Hutan Jangan Tebang Pilih
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top